Paslon No 2 Prioritaskan Investasi Padat Karya

SURABAYA – Cawagub Jawa Timur Puti Guntur Soekarno sangat konsisten untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Calon nomor urut dua ini ingin investasi yang masuk ke Jawa Timur merupakan industri padat karya.

“Menciptakan lapangan pekerjaan baru merupakan komitmen yang akan kita jaga,” kata Puti, Selasa (15/5/2018).

Cawagub nomor urut 2 pendamping Cagub Saifullah Yusuf itu menuturkan, untuk menciptakan lapangan pekerjaan ini dilakukan dengan membuka pintu lebar bagi investor yang mau berinvestasi ke Jatim.

Namun investor tersebut lebih pada menanamkan investasi bagi perusahaan padat karya. Artinya, perusahaan ini diperbolehkan untuk membuka pabrik dengan menyerap tenaga kerja yang banyak.

Investasi padat karya ini, ujar dia, sangat menguntungkan bagi perusahaan, pemerintah dan masyarakat.

Perusahaan mampu untuk membuat produk yang diinginkan, tentunya dengan memakai tenaga-tenaga kerja dari masyarakat. Sementara pemerintah akan mendapatkan tambahan pendapatan daerah.

“Makanya kita prioritaskan investasi yang padat karya. Ini akan membantu semua pihak,” ucap Puti.

Selain membuka pintu investasi padat karya, tambah cucu Soekarno ini, untuk menambah lebih banyak lapangan pekerjaan, pihaknya akan mendorong UMKM tumbuh dengan pesat. Menurutnya, keberadaan UMKM mendorong terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“UMKM, UKM dan IKM harus diberi kemudahan untuk menjalankan bisnisnya. Keberadaan mereka bisa berdampak bagus bagi ekonomi Jawa Timur,” papar Puti.

Lebih lanjut Puti menegaskan, pengembangan desa wisata juga dilakukan supaya masyarakat bisa merasakan terciptanya pekerjaan di daerahnya sendiri.

Menurut dia, desa wisata bakal menjadi pekerjaan baru dan mampu mendorong perekonomian yang berasal dari pinggiran. Hal ini sesuai dengan konsep Presiden RI Joko Widodo, yang ingin pembangunan ekonomi kerakyatan dimulai dari pinggiran.

“Ini yang kita terjemahkan dengan membangun desa wisata di seluruh Jawa Timur,” pungkasnya. (goek)