Pasca Rakercabsus, Cawali-Cawawali Intensif Turun ke Masyarakat

pdip jatim - AwiSURABAYA – Pasangan yang akan diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Kota Surabaya bakal intensif menyapa masyarakat, setelah resmi mengantongi rekomendasi. PDI Perjuangan sendiri mengumumkan rekomendasi pasangan calon untuk Pilwali Surabaya pada Rabu (8/7/2015) sore ini.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, pihaknya tidak terpengaruh dengan cawali dan cawawali nanti satu pasangan atau lebih. PDI Perjuangan, katanya, tetap menjalankan agenda yang direncanakan, seperti mensosialisasikan pasangan cawali-cawawali ke masyarakat.

Dia berpendapat, agenda sosialisasi pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Surabaya ke masyarakat itu bukan bagian dari kampanye. Sebab, belum ada penetapan KPU terkait cawali dan cawawali yang menjadi kontestan Pilkada Surabaya 2015.

“Itu bukan kampanye. Kecuali jika sudah berstatus calon dan mempunyai nomor urut dan ada penetapan KPU,” kata Adi Sutarwijono, kemarin.

Setelah rekomendasi pasangan calon turun, lanjut Awi, sapaan Adi Sutarwijono, seluruh kader wajib mendukung dan menjalankan amanah itu. Dia juga mengingatkan jika ada kader PDI Perjuangan mendukung pasangan calon yang diusung partai lain, dipastikan akan dikenai sanksi.

Soal kerja sama dengan parpol lain, tambah Awi, PDI Perjuangan akan mengajak tiga parpol di luar Koalisi Majapahit, yakni Nasdem, Hanura dan PPP untuk berkoalisi. “Kami akan lebih aktif melakukan komunikasi politik dengan parpol parpol. Setelah rekomendasi turun, semua menjadi pasti. Secara legal ya rakercabsus,” katanya.

Seperti diketahui, tiga partai tersebut tidak masuk dalam pusaran dua koalisi yakni Koalisi Majapahit (Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, PAN dan PKS) dan koalisi yang dibangun PDI Perjuangan. Kedua koalisi tersebut belum pernah mengajak tiga parpol yang mendapat kursi minoritas di DPRD Surabaya itu.

Rakercabsus yang digelar di Gedung Wanita, Jalan Kalibokor Surabaya, akan dihadiri sekitar 2.000 pengurus PDI Perjuangan se-Surabaya. Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto direncanakan juga bakal hadir di rakercabsus yang dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama itu. (goek)