oleh

Padinya Diserang Tikus, Poktan Demangan Minta Pengadaan Burung Hantu

NGANJUK – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Nugroho menggelar acara Penyerapan Aspirasi Masyarakat (Reses) I tahun 2021 di Desa Demangan, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Sabtu (7/3/2021) malam.

Melalui acara ini, Mas Bagus, sapaan akrabnya, memberi kesempatan bagi masyarakat yang hadir, menyampaikan usulan atau permintaan, yang akan dia upayakan solusinya.

“Reses adalah tugas konstitusi anggota DPRD, saat tidak berkantor. Tapi hadir di tengah–tengah masyarakat untuk serap aspirasi, cek langsung problem yang terjadi di masyarakat untuk diperjuangkan ke pemerintah,” katanya.

Reses Mas Bagus yang juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Nganjuk Mokhamat Bintari tak disia-siakan masyarakat. Mereka lantas menyampaikan persoalan terkait hajat hidup masyarakat.

Seperti disampaikan salah satu anggota kelompok tani (poktan), Nurhadi, yang minta perbaikan akses jalan yang saat ini kondisinya rusak parah dan sangat sulit dilalui. Menurut Nurhadi, kondisi ini sangat mempengaruhi pada pengeluaran biaya produksi.

Dia juga mengeluhkan turunnya produksi pertanian, seperti padi, saat ini. Menurutnya, hal ini disebabkan serangan hama tikus dan distribusi pupuk yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengelolaan pertanian.

“Kami juga memohon bantuan terkait pembangunan akses jalan pertanian, pengadaan burung hantu agar hama tikus tidak merajalela lagi dan distribusi pupuk agar sesuai dengan kebutuhan pertanian,” pinta Nurhadi. 

Sedang Arifin, salah satu perwakilan dari Pemerintah Desa Demangan, berharap ada bantuan untuk renovasi kantor desa yang sejak awal keberadaannya belum tersentuh pembangunan.

“Kami harap anggota DPRD Kabupaten Nganjuk maupun dari Provinsi Jatim berkenan memperbaiki kantor desa kami. Kantor Desa Demangan awalnya adalah rumah warga yang kemudian dibeli oleh desa dan sampai saat ini belum tersentuh renovasi apapun,” paparnya.

Menanggapi permintaan masyarakat, Mas Bagus mengatakan, akan memperjuangkan di tingkat provinsi untuk bidang-bidang yang menjadi kewenangan provinsi.

Sedang yang masuk kewenangan kabupaten, pihaknya akan berkoordinasi dengan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Nganjuk. 

“Intinya di Pemerintah Provinsi itu ada bantuan hibah, seperti yang akan diberikan kepada Desa Demangan sebesar Rp 100 juta dan bantuan infrastruktur lainnya seperti paving jalan, serta pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan,” ujar legislator yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini. (endyk)