Optimis Kursi DPRD Provinsi Naik

Kusnadi-kiriSEKRETARIS DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi optimistis 18 kursi DPR RI bisa dipertahankan pada Pemilu 2014. Untuk DPRD Provinsi Jatim, PDI Perjuangan diperkirakan bisa memperoleh 19 kursi.

“Untuk DPR RI, kami memprediksi di dapil I, V dan VI masing-masing bisa 3 kursi. Sedangkan di dapil lainnya masing-masing 1 kursi. Tapi ini hasil sementara,  kita masih menunggu hasil penghitungan di KPU Jatim,” ungkap Kusnadi pada infokomnews, Kamis (24/4/2014).

Untuk DPRD Provinsi Jatim dia memperkirakan bisa menjadi 19 kursi dari 17 kursi sebelumnya.  Dapil 1, 5, 6 diprediksi meraih 3 kursi, Dapil 7 dan 8 dua kursi, dan dapil lainnya 1 kursi.

“Masih ada kemungkinan untuk sampai 20 kursi. Kita masih menunggu beberapa daerah yang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan penghitungan yang ditunda,” tambah dia.

Daerah yang melakukan PSU itu adalah Kabupaten Blitar PSU di 4 TPS (TPS 1, TPS 4, TPS 7 dan TPS 8 Desa Sidodadi, Kec Garum), dan Kabupaten Sampang di  19 TPS. Sementara  di Kabupaten Pamekasan dilakukan penghitungan suara ulang di 3 TPS.

Sebelumnya, saksi dari PDI Perjuangan dalam rekapitulasi pemilu oleh KPU Jatim, Didik Prasetiyono minta rekapitulasi Kabupaten Pasuruan dihentikan. Sebab ada dugaan kasus 13 PPK yang melakukan jual beli suara.

Sejumlah saksi  partai lain juga melakukan protes karena dianggap hasil Pileg tersebut cacat secara norma. Diduga, 13 PPK yang sudah non aktif melayani caleg lain, namun tidak terkuak. Pasalnya, terkuaknya kasus ini setelah rekapitulasi KPU Kabupaten Pasuruan. (sa)