Optimis Jokowi-Ma’ruf Menang, Sekjen PDIP: Ini Kemenangan Rakyat

JAKARTA – Jajaran pengurus DPP PDI Perjuangan bersyukur atas pelaksanaan Pemilu 2019 yang berjalan dengan baik dan indikasi kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin oleh sejumlah hasil exit poll maupun hitung cepat.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, dari perhitungan internalnya, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di kisaran 57-58 persen. Sementara PDI Perjuangan di kisaran 23-25 persen.

“Ini adalah kemenangan rakyat, ini kemenangan gotong royong, bukan kerja orang per orang,” kata Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers di Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Menurut Hasto, Jokowi-Ma’ruf telah berjuang walau terus difitnah dengan segala cara. Namun keduanya selalu memegang teguh politik kebenaran dan rakyat bisa merasakannya.

“Maka itu, sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan mari kita kawal bersama-sama. Karena masih ada rekapitulasi manual dan nantinya KPU akan jadi penentu,” kata Hasto yang didampingi Tjahjo Kumolo dan Arief Budimanta.

Soal bagaimana Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menanggapi hasil itu, Hasto menyatakan sang ketua umum sedang bersama Jokowi. Megawati berangkat dari Kebagusan bersama Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

“Selanjutnya untuk bersama-sama mengucapkan syukur dengan cara-cara sederhana. Karena sekali lagi, semangat persaudaraan dalam persatuan untuk Indonesia Raya, itu adalah segala-galanya bagi kita,” ujarnya.

Kepada wartawan, Hasto juga menyatakan, saat ini, antusiasme masyarakat memilih cukup tinggi. Hal itu terbukti dari antrean mengular di sejumlah TPS. Artinya, jelas Hasto, ini menunjukkan rakyat punya kehendak baik untuk mencari pemimpin yang baik.

Hasto pun mengingatkan bagi seluruh bangsa menerima suara dan kehendak rakyat dari hasil Pemilu 2019. Terhadap yang kalah pemilu, Hasto mengingatkan agar tak melakukan penggerahan massa atau people power.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo berpesan agar baik pendukung maupun pelaku demokrasi menyambut hasil pemilu dengan besar hati, siapapun pemenangnya.

“Siapa yang menang harus kita terima, begitupun dengan siapa yang kalah, kita harus menerima dengan baik. Inilah demokrasi kita,” ujarnya.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan ini mengungkapkan bahwa dirinya senang melihat partisipasi masyarakat yang besar dalam pemilu kali ini.

“Kalau kita lihat hari ini semua sudah berbondong-bondong hadir ke TPS. Ini kan menunjukkan tingkat partisipasi cukup bagus. Saya cukup yakin pemilu kali ini akan aman dan kondusif. Jadi isu-isu dan hoaks saya kira tidak akan ada,” ujar dia. (goek)