Oneng Sapa Pengunjung Taman Bungkul

Oneng di Taman BungkulSURABAYA – Jurkamnas capres Jokowi-Jusuf Kalla, Rieke Diah Pitaloka blusukan menyapa masyarakat di Taman Bungkul, Surabaya, Selasa (24/6/2014) sore. Selain mengajak masyarakat berdialog, dia juga sempat bernyanyi bersama pengamen jalanan.

Pengunjung Taman Bungkul Surabaya mendadak heboh ketika juru Rieke Diah Pitaloka menyapa mereka. Satu persatu pengunjung didatangi Rieke sembari membagikan contoh Kartu Indonesia Sehat.

“Waduh ada Oneng, salam buat Pak Jokowi ya, insya Allah Pak Jokowi pasti menang,” teriak Bu Eva seorang pedagang pentol yang langsung menyambut Rieke dan menyalaminya.

Politisi yang akrab disapa Oneng saat jadi bintang sinetron itu pun mengajaknya berbincang. Eva mengaku dirinya menyukai sosok Jokowi yang sederhana dan merakyat. Dengan penghasilan 20-30.000 sehari, Eva mesti menghidupi tiga orang anak dari jualannya.

“Kalau Pak Jokowi jadi presiden, pinginnya cuma satu, pedagang kecil seperti kami ini jangan diobrak,” ujar Eva yang disambut teriakan ‘setuju’ dari pedagang lain.

Pengunjung yang tengah asyik ngopi di warung kaki lima belakang Taman Bungkul pun menyambut Rieke dengan meriah. “Hidup PDIP! Jokowi presiden!” teriak mereka. “Salam 2 jari ya, jangan lupa pilih Jokowi,” sambut Rieke yang juga anggota DPR RI itu.

Kehadiran Rieke di Taman Bungkul sejatinya tidak ada even khusus. Ia hanya mampir menemui para relawan sosial media Jokowi-JK usai menghadiri acara kampanye di kota dan kabupaten Mojokerto.

“Meski pun dadakan, ternyata sambutan masyarakat alhamdulillah sangat luar biasa. Pak Jokowi ini kan capres dhuafa, duit juga pas-pasan, senjata tidak punya, pasukan tidak punya. Tapi ini membuktikan bahwa modal, pasukan, dan senjata Pak Jokowi adalah rakyat yang mendukungnya dengan sukarela,” ujar Rieke.

“Ada istilah, rakyat bersatu tak bisa dikalahkan,” seru Rieke yang lantas disahut orang-orang yang mengerumuninya, “Rakyat bersatu tak bisa dikalahkan!” Rieke kemudian menghampiri rombongan pengamen jalanan yang tengah menghibur pengunjung warung kopi.

“Bisa mainkan lagu Salam Dua Jari tidak?” tanya dia.

“Bisa dong,” saut para musisi yang lantas memainkan lagu garapan grup band Slank yang jadi theme song kampanye Jokowi-JK. Rieke pun kemudian menyanyi bersama diikuti para pengunjung.

Aktivitas blusukan seperti yang dilakukan Rieke ini menurut Wakil Sekretaris Internal DPD PDI Perjuangan Jatim SW Nugroho adalah bukti bahwa kader-kader partai di semua level terus bekerja maksimal untuk memenangkan pasangam Jokowi-JK.

“Anggota fraksi, caleg jadi, dan tokoh-tokoh partai semua turun. Semua sinergi dengan mesin partai di bawah untuk menyampaikan visi misi Jokowi-JK, mengklarifikasi fitnah-fitnah, dan menginformasikan prestasi keduanya. Intinya meyakinkan masyarakat agar 9 Juli pilih nomor dua,” tandasnya. (sa)