Oneng Penasehat Tim Kampanye Jokowi-JK Saudi Arabia

rieke oneng fraksiJEDDAH – Perwakilan Luar Negeri (Perwalu) PDI Perjuangan dan DPC PKB Saudi Arabia telah membentuk Tim Kampanye Joko Widodo – Jusuf Kalla. Tim kampanye sebanyak 111 orang itu tersebar di berbagai kota di Saudi Arabia.

“Personel tim, selain kader partai, juga terlibat beberapa TKI dan aktivis atau relawan TKI,” jelas Zainal, Wakil Sekretaris Perwalu PDI Perjuangan Saudi dalam rilis yang diterima Infokom PDI Perjuangan Jatim, Selasa (3/6/2014).

Rieke Diah Pitaloka politisi PDI Perjuangan yang juga aktivis buruh masuk dalam struktur tim sebagai penasihat. Selain Oneng, sapaan Rieke saat menjadi bintang sinetron, pengurus DPP PKB yang juga mantan Konjen RI Jeddah Abdul Wahid Maktub juga terlibat menjadi penasihat tim kampanye Joko Widodo – Jusuf Kalla Saudi Arabia

“Terlibatnya Ibu Rieke Diah Pitaloka suatu hal yang wajar, karena selama ini sangat aktif memperjuangkan TKI,” ucap Zainal.

Dia yakin, Oneng yang juga legislator DPR RI itu akan all out memenangkan Jokowi-JK. Apalagi, tambah Zainal, Rieke sudah mengetahui visi misi Jokowi-JK dalam perlindungan terhadap TKI.

“Ibu Rieke tentu berharap kawan – kawan TKI juga dapat membantu Jokowi, demi perubahan dalam advokasi TKI baik itu yang resmi ataupun tidak resmi. Karena visi misi perlindungan TKI yang telah disiapkan akan dapat terlaksana bila Joko Widodo dan Jusuf Kalla terpilih sebagai presiden dan wakil presiden,” ujar Zainal.

Sementara, PPLN (Panitia Pemilu Luar Negeri) Perwakilan RI Riyadh dan Jeddah telah menetapkan, pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Saudi Arabia pada Jumat, 04 – 05 Juli 2014. PPLN sendiri akan menggunakan dua metode dalam pemungutan suara, di antaranya melalui TPSLN dan Drop Box.

Dalam rilis resminya, untuk pemungutan melalui TPSLP jatuh pada hari Jumat 04 – 05 Juli 2014 sejak pukul 4 sore sampai 3 pagi di KBRI Riyadh, KJRI Jeddah, Wisma Konjen RI Jeddah (Residen), Wisma Haji Indonesia Makkah, Sekolah Indonesia Jeddah.

Untuk luar kota Riyadh, Jeddah, Makkah akan menggunakan sistem pemungutan surat suara Drop Box yang akan dilaksanakan sejak 26, 27, 28, 29 Juni 2014. (p)