Ngonthel, ‘Petruk’ Cari Dukungan Suara

Caleg Nganjuk macak PetrukBANYAK cara dilakukan para caleg untuk meraih dukungan masyarakat. Satu di antaranya cukup unik dilakukan Joni Triwahyudi, caleg DPRD Kabupaten Nganjuk.

Berbekal pakaian Petruk (salah satu punokawan) sambil mengayuh sepeda onthel, Joni mengelilingi Dusun Njipangan Desa Kutorejo Kecamatan Bagor, kemarin. Dengan kostum yang sangat mencolok ditambah make-up wajah yang cukup tebal, caleg ini menyapa ramah kepada setiap warga yang ditemuinya,

Bahkan, dia kerap harus turun dari sepedanya sekadar manyalami warga  Dan, sekilas tentu saja banyak tidak mengenali wajah yang ‘dipermak’ menyerupai tokoh Petruk itu. Setelah disapa dari dekat, barulah warga mengetahui si Petruk ini adalah caleg DPRD Kabupaten Nganjuk nomor urut 4 dari PDI Perjuangan di dapil 2.

“Woalah, niki Mas Joni to,” kata seorang ibu yang langsung menghampiri dan menyalami Joni di sebuah warung.

Tak berselang lama para warga di sekitar warung itu ramai-ramai menyalami Joni. Di tengah antusias warga yang mengerubutinya, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Bagor ini minta doa restu dan berharap dukungan dari mereka.

Bagi warga masyarakat di dapil 2 yang meliputi Kecamatan Nganjuk, Kecamatan Wilangan, Kecamatan Bagor dan Kecamatan Rejoso, sosok Joni Triwahyudi tak asing lagi. Apalagi di Desa Kutorejo Joni pernah menjadi perangkat desa. “Waktu Mas Joni jadi kasun di Dusun Njipangan ini, orangnya santun, ringan tangan dan suka membantu orang yang lagi susah,” kata si pemilik warung.

Di warung ini, tanpa segan Joni menyeduhkan beberapa cangkir kopi dan mengantarkan ke warga yang ada di depan warung. Tak lupa, Joni membagikan kartu nama bergambar dirinya serta nama lengkapnya.

Selain itu, Joni  memberikan cara mencoblos yang benar.  “Jangan lupa coblos nama saya Joni Triwahyudi no urut 4 dari PDI Perjuangan,” imbuh joni

Dengan cara langsung membaur pada masyarakat, Joni mengatakan, cara ini lebih efektif dan langsung mengena pada sasaran. (endy)