Nganjuk Raih Adipura ke-7

pdip-jatim-bupati-nganjuk-terima-adipuraNGANJUK – Lagi, Kabupaten Nganjuk menerima penghargaan Adipura. Anugerah di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan ini diterima Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman dari Wapres Jusuf Kalla di Hotel Bidakara Jakarta, kemarin.

Adipura 2015 ini sebagai yang ketujuh kalinya diterima Kabupaten Nganjuk secara berturut-turut. Penghargaan ini melengkapi penghargaan yang banyak diterima Pemkab Nganjuk di bawah kepemimpinan Bupati Taufiq.

“Adipura untuk Kabupaten Nganjuk ini yang ketujuh kalinya secara berturut turut,” kata Taufiqurrahman, Selasa (24/11/2015).

Menurut Taufiq, penghargaan ini tidak lepas dari peran masyarakat Kabupaten Nganjuk yang selama ini aktif berperan dan menyadari pentingnya kebersihan. Pihaknya selama ini juga getol mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Selain kebersihan, pihaknya juga menggalakkan program penghijauan dengan slogan Nganjuk ijo royo-royo. Termasuk juga membuat taman-taman di lingkungan kecamatan kota.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Nganjuk, khususnya Kecamatan Nganjuk yang telah berpartisipasi menjaga lingkungannya untuk tetap sehat dan bersih,” ucap bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Nganjuk itu.

Dia juga berharap, masyarakat Nganjuk tetap memelihara dan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Program Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, awalnya program Adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi “Kota Bersih dan Teduh”. Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom, namun bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu. (endy)