Nama Cawapres Diumumkan Jokowi

Jokowi Museum Kebangkitan Nas 1603JAKARTA – Calon presiden Joko Widodo akan mengumumkan sendiri nama calon wakil presiden yang bakal mendampinginya pada Pemilu Presiden 2014. Nama cawapres itu akan diputuskan pada Minggu (18/5/2014) malam ini.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, malam ini sudah ada keputusan final mengenai siapa yang menjadi pendamping calon presiden Joko Widodo. Menurut Tjahjo, Jokowi sendiri yang akan mengumumkan nama cawapres pendampingnya.

“Tapi itu harus dari persetujuan empat ketua umum (koalisi partai pengusung) dulu,” jelas Tjahjo di kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/5/2014).

Pengumuman mengenai cawapres itu, kata Tjahjo, akan dilakukan besok atau lusa di Gedung Joang 45 pada pukul 10.00 WIB. PDI Perjuangan, jelas dia, tidak akan menunda pengumuman tersebut mengingat tenggat terakhir pendaftaran pasangan capres-cawapres adalah 20 Mei 2014. Tempatnya dii Gedung Joang (45),” kata Tjahjo.

Soal kemungkinan bergabungnya Partai Golkar ke poros PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa partainya tidak pernah meminta partai lain untuk mau bergabung dalam poros mendukung Joko Widodo. Dia mengatakan, PDI Perjuangan hanya dalam posisi buka tangan bagi partai manapun yang mau bergabung.

Menurutnya, bisa saja lebih banyak lagi parpol yang akan masuk barisan kerja sama dengan PDI Perjuangan karena koalisi masih bisa dijalin pasca pilpres. “Semua masih berpeluang,” ujarnya. (pri)