MKP-Ipung Resmi Jago PDI Perjuangan di Pilbup Mojokerto

pdip jatim - rekom untuk MKP-IpungMOJOKERTO – PDI Perjuangan resmi mengusung H Mustofa Kamal Pasa (MKP) – H Pungkasiadi (Ipung) sebagai pasangan calon bupati – wakil bupati dalam Pilkada Kabupaten Mojokerto 9 Desember 2015 mendatang.

Surat rekomendasi bagi MKP – Ipung diserahkan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno, dalam Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) PDI Perjuangan Kabupaten Mojokerto, Minggu (26/7/2015).

Menurut Sri Untari, turunnya surat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk MKP – Ipung melalui proses cukup panjang. “Melalui proses panjang, akhirnya PDI Perjuangan pada Pilkada Kabupaten Mojokerto 2015 mengusung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati H Mustofa Kamal Pasa (MKP) dengan H Pungkasiadi,” kata Sri Untari.

Proses panjang turunnya surat rekomendasi tersebut, jelas Untari, karena ada tahapan yang harus dilalui, seperti fit and propertest, psikotes, sampai wawancara baik di DPD Jatim maupun di DPP PDI Perjuangan. Pihaknya juga minta masukan dari kader di tingkatan bawah untuk memutuskan siapa yang layak menjadi calon.

Selama penjaringan dan penjaringan, ada tujuh nama yang mengajukan atau mengambil formulir bakal calon dari PDI Perjuangan. Setelah proses administrasi, fit and propertest dan berkoordinasi dengan PAC, DPC, DPD serta DPP, akhirnya mengerucut menjadi empat kandidat.

“Sampai di DPP hanya dua kandidat, dan setelah digodok, DPP resmi mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan MKP-Ipung,” jelasnya.

Rakercabsus yang digelar di gedung Korpri, Jabon, Kecamatan Mojoanyar, diikuti Pengurus Anak Cabang (PAC) seluruh kecamatan se-Kabupaten Mojokerto, dan jajaran pengurus DPC. Selain Sri Untari, pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang hadir adalah SW Nugroho, Wakil Sekretaris Internal yang juga anggota DPRD Jawa Timur dari dapil 8.

Meski sebagai partai pemenang di Pemilu Legislatif 2014, PDI Perjuangan hanya mempunyai 7 kursi di DPRD Kabupaten Mojokerto. Oleh karena itu, kata Untari, dibutuhkan koalisi dengan parpol lainnya untuk bisa mengusung MKP-Ipung dalam Pilbup Mojokerto.

Dia bersyukur, selain PDI Perjuangan, MKP sudah menggandeng parpol lainnya. Bahkan MKP juga sudah mengantongi rekom dari sejumlah partai seperti Demokrat, PAN, NasDem.

“Sehingga ke depan, PDI Perjuangan tidak hanya mempunya Ketua DPRD di Kabupaten Mojokerto, tapi juga bupati dan wakil bupati,” ucap Sri Untari.

Saat ini Mustofa Kamal Pasa masih menjabat Bupati Mojokerto. Sedang Pungkasiadi adalah kader PDI Perjuangan yang juga pengusaha tebu. (goek)