oleh

Minta Pemda Bagikan Masker ke Masyarakat, Jokowi: Jangan Hanya Menyuruh Pakai

JAKARTA – Presiden Joko Widodo minta pemerintah daerah (pemda) tak hanya mengimbau masyarakat agar memakai masker. Jokowi menyarankan pemda juga membagikan masker karena masih ada warga tidak mampu membelinya. 

“Jangan hanya menyuruh pakai masker kepada masyarakat, tetapi juga harus membagi masker kepada masyarakat,” kata Jokowi dalam Pembukaan Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021, di Istana Negara, Kamis (11/2/2021). 

“Rakyat juga kadang tidak mampu membeli masker. Selain menyuruh pakai masker, sebaiknya juga dibagikan masker, ” tegasnya. 

Jokowi juga menegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga pemerintah pusat dan daerah harus terus bekerja keras menangani pandemi. 

Dia minta wali kota, wakil wali kota dan kepala daerah memprioritaskan pengendalian penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing. Salah satunya dengan tetap menyosialisasikan protokol kesehatan. 

“Pengendalian laju penyebaran virus harus menjadi prioritas utama kita. Saya kira berulang-ulang sudah saya sampaikan disiplin 3M. Menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak harus tetap digaungkan kepada masyarakat,” ujarnya. 

Menurut Jokowi, kampanye yang dilakukan pemda perlu didukung oleh aparat keamanan, baik TNI maupun Polri. 

Jokowi juga mengajak pemda semakin detail dalam menemukan cara-cara baru untuk mengatasi persoalan Covid-19. “Saya ingin mengajak Bapak, Ibu melaksanakan langkah-langkah extraordinary yang mendesak pada saat ini,” ajak Jokowi. 

Dalam menekan laju penularan Covid-19, pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di Jawa dan Bali. Pembatasan tersebut diterapkan selama 14 hari, dari 9 hingga 22 Februari 2021. 

Pemerintah mewajibkan semua daerah membentuk pos komando (posko) penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan. Fungsi posko ini antara lain untuk meningkatkan upaya pengetesan, penelusuran hingga karantina dan vaksinasi Covid-19. 

Selain itu juga untuk meningkatkan sosialisasi protokol memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta pembatasan mobilitas. (goek)

rekening gotong royong

Komentar