Minggu, PDIP Jatim Undang PAC se-Surabaya

SURABAYA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan akhirnya mengeluarkan surat yang menginstruksikan DPD PDIP Jawa Timur untuk menggelar pertemuan internal bersifat tertutup dengan Pengurus Anak Canang (PAC) seluruh Surabaya.

Surat instruksi nomor 5606/DPP/VII/2019 bertanggal 10 Juli disampaikan kepada DPD PDIP Jatim untuk menindaklanjuti polemik Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP Surabaya pada Minggu (7/7/2019) lalu.

Pertemuan di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim di Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya itu agendanya tunggal. Yakni menjelaskan peraturan partai (PP) 28 tahun 2019 tentang konsolidasi partai melalui pembentukan DPC dan DPD dalam rangka menyambut Kongres V PDIP di Bali Agustus depan.

Saat dikonfirmasi wartawan, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari membenarkan bahwa DPP telah melayangkan surat yang ditujukan kepada pihaknya.

“Iya, benar. Kami sudah mendapatkan instruksi dari DPP untuk mengundang PAC seluruh Surabaya supaya menjelaskan kembali PP 28 tahun 2019. Nanti akan kami lakukan kepada seluruh jajaran struktural PAC se-Kota Surabaya,” jelas Untari, Jumat (12/7/2019).

Menurut Untari, pihaknya akan mengundang PAC PDIP se-Surabaya pada Minggu (14/7/2019) lusa.

Seperti yang telah diinstruksikan, pertemuan itu akan menjelaskan kembali PP 28 sampai proses turunnya rekomendasi ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) DPC Surabaya dari DPP dan ketua umum.

“Kami undang pada hari Minggu seluruh PAC untuk mendapatkan keterangan resmi dari DPP terkait PP 28 dan proses sampai munculnya rekomendasi KSB dari ketua umum. Tidak perlu diragukan lagi rekomendasi itu asli, benar dan datang dari ketua umum,” tandasnya.

“Pertemuan itu memang agendanya tunggal untuk menjelaskan sosialisasi kembali PP 28. Perkara nanti di situ yang akan minta dialog ya kita buka dialog, kita dengar masukannya apa,” lanjut dia.

Seperti diketahui, DPP PDI Perjuangan telah menunjuk Adi Sutarwijono untuk menjadi ketua DPC PDIP Kota Surabaya, meneruskan kiprah Whisnu Sakti yang telah menjadi ketua selama dua periode.

Penugasan kepada politisi yang akrab disapa Awi ini disampaikan saat Konfercab PDIP Surabaya di Empire Palace Surabaya, Minggu (7/7/2019 lalu). Untuk memimpin DPC PDIP Surabaya periode 2019-2014, Awi didampingi Sekretaris Baktiono dan Bendahara Taru Sasmito.

Namun, saat itu kalangan PAC belum menerima keputusan DPP, sehingga pimpinan Konfercab, yakni Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono men-skors sidang. (goek)