Minggu, PDIP Gelar Konfercab Serentak se-Jatim

SURABAYA – PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) serentak 38 kabupaten/kota pada Minggu (7/7/2019) lusa. Konfercab digelar di tiga zona sekaligus, yakni Surabaya, Malang dan Madiun meliputi kabupaten/kota di sekitar daerah tersebut.

Konfercab serentak ini adalah tahapan proses menuju Kongres PDI Perjuangan, yang akan digelar 8-10 Agustus 2019. Seperti diketahui, Kongres akan menetapkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

Pokok agenda Konfercab adalah pembaruan penugasan DPP PDI Perjuangan untuk ketua, sekretaris, dan bendahara partai di tingkat cabang kabupaten dan kota.

Seperti diatur dalam Peraturan PDI Perjuangan nomor 28 tahun 2019, telah diatur kewenangan masing-masing tingkat. Bahwa kepengurusan level PAC (kecamatan), DPC (kabupaten/kota), DPD (provinsi) serta DPP PDI Perjuangan diberikan kewenangan untuk mengusulkan calon-calon Ketua PDI Perjuangan kabupaten/kota dan tingkat provinsi.

Tetapi kewenangan pengambilan keputusan sepenuhnya menjadi otoritas DPP PDI Perjuangan. Karena itu, forum Konfercab serentak Minggu besok adalah membacakan keputusan DPP PDI Perjuangan tentang nama-nama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB) DPC PDIL seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dan sekaligus menyusun kepengurusan baru melengkapi KSB tersebut.

“Melalui Konfercab tersebut, seluruh kader PDI Perjuangan dengan antusiasme tinggi siap memperkuat pola kepemimpinan gotong royong hingga tingkat terbawah, sebagaimana selama ini telah dicontohkan Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo, agar partai ke depan semakin solid dan efektif dalam memperjuangkan kepentingan rakyat,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi Jumat (5/7/2019).

Seluruh keluarga besar PDI Perjuangan di Jawa Timur dalam posisi tunduk dan patuh, serta loyal, dengan semua keputusan DPP.

“Kami semua dalam posisi menjalankan perintah dan keputusan Ketua Umum Ibu Hj Megawati Soekarnoputri. Kami semua tidak tahu siapa nama-nama pengurus kabupaten/kota yang telah diputuskan DPP PDI Perjuangan. Nama-nama itu dicatat dalam dokumen khusus, yang dimasukkan dalam amplop bersegel. Dan, akan dibuka dan diumumkan dalam Konfercab PDI Perjuangan Minggu besok,” ujarnya.

Karena, pada dasarnya, ketaatan dan loyalitas telah menjadi jiwa kader PDIP untuk menerima apa pun keputusan DPP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri.

Jiwa kader yang taat dan loyal itu pula, yang telah menggerakkan seluruh kekuatan PDIP selama ini, menghadapi pasang surut jaman, hingga saat ini PDIP tegak berjaya. Di Pemilu 2019, PDIP berhasil menang Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden.

Sejarah telah dibukukan PDI Perjuangan. Dalam kepemimpinan Megawati Soekarnoputri, yang diikuti ketaatan serta loyalitas seluruh pengurus dan kader, partai yang mewarisi api ajaran Bung Karno ini berhasil memenangkan Pemilu dua kali berturut-turut.

Sejak Pemilu multi partai tahun 1999, pasca Orde Baru, hanya PDI Perjuangan yang mampu mencapai prestasi itu, yakni menang dua kali berturut-turut.

“Pemilu 2019 juga menjadi catatan istimewa bagi PDI Perjuangan Jawa Timur. Sepanjang sejarah, baru kali ini PDI Perjuangan berhasil gemilang memenangkan Pemilu di Jawa Timur. PDI Perjuangan mendapatkan 27 kursi di DPRD Jawa Timur, sehingga akan memimpin DPRD Jatim dalam lima tahun ke depan,” imbuh Sekretaris PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari.

Terkait Konfercab serentak, Minggu besok, pihaknya percaya, bahwa DPP PDI Perjuangan telah mengambil pertimbangan-pertimbangan yang paling baik dalam memutus Ketua-Ketua DPC PDI Perjuangan di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Pertimbangan-pertimbangan itu, termasuk kepentingan strategis partai saat ini dan ke depan dalam menjaga Indonesia Raya, menjawab tantangan-tantangan ideologis, mengawal dan memperkuat pemerintahan Presiden Jokowi hingga tingkat daerah, serta menampilkan wajah kepartaian di depan publik, yang dipenuhi jiwa kerakyatan dan berperadaban. (goek)