Milad Muhammadiyah ke-107, PDIP: Bung Karno Santri Kyai Dahlan

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengucapkan selamat milad ke-107 untuk Persyarikatan Muhammadiyah. Menurut Basarah, proklamator RI Soekarno pun merupakan santri dari pendiri Muhammadiyah yakni KH Ahmad Dahlan.

Basarah menilai tema milad ke-107 Muhammadiyah yakni ‘Mencerdaskan Kehidupan Bangsa’ sangat relevan dan kontekstual dengan salah satu tujuan Indonesia merdeka sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dan visi Presiden Jokowi.

“Muhammadiyah dengan PDI Perjuangan memiliki ikatan historis yang kuat, karena sama-sama sebagai pendiri bangsa. Muhammadiyah berdiri 1912, NU 1926 dan PNI 1927 merupakan satu tarikan nafas,” kata Basarah kepada Okezone, Senin (18/11/2019).

“Dan Bung Karno adalah santri KH Ahmad Dahlan yang pernah menjadi ketua Majelis Pengajaran Muhammadiyah Bengkulu,” sambungnya.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu mengatakan sejak berdiri hingga sekarang, Muhammadiyah tetap istiqamah sebagai gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dengan spirit Islam Berkemajuan.

“Kami berterima kasih karena Muhammadiyah ikut melahirkan dan menjaga bangsa Indonesia dengan dasar dan ideologi Pancasila. Kami juga berharap Muhammadiyah terus konsisten mencerdaskan kehidupan bangsa menuju Indonesia berkemajuan,” tutur Basarah.

Sekadar informasi, Persyarikatan Muhammadiyah hari ini menggelar resepsi milad ke-107 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Adapun tema yang diangkat dalam perayaan kali ini yakni ‘Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.’ (red)