“Mengapa Anda Layak Dipilih, Pak Jokowi?”

image

JAKARTA – Calon presiden Joko “Jokowi” Widodo hanya tersenyum lebar ketika ditanya oleh wartawan, “Mengapa Anda layak dipilih rakyat dalam pemilihan presiden pada 9 Juli 2014?” Pertanyaan itu dilontarkan seusai Jokowi buka puasa bersama di kantor DPP Nasdem, Cikini.

Lantas, apa jawaban Jokowi? “Yang jelas, presidennya benar-benar barulah. Apanya yang baru? Ya visi, misi, programnya,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, belasan tahun sudah demokrasi di Indonesia hanya diisi oleh wacana dan retorika tanpa aksi yang nyata. Oleh sebab itu, yang dibutuhkansaat ini adalah pemimpin yang berkomitmen dalam pelaksanaan program-program tersebut.

“Kita tidak ingin banyak retorika, wacana. Kita ingin konkret, real. Itu yang akan menjadi pembeda kami,” lanjut Jokowi.

Hal kedua mengapa Jokowi layak dipilih oleh rakyat, lanjut dia, adalah latar belakang hidup berasal dari rakyat sendiri. Jokowi memiliki pengalaman yang nyata soal kebijakan pemerintah, sebut saja saat rumahnya di tepi kali digusur oleh pemerintah.

“Saya merasakan kehidupan rakyat. Oleh sebab itu, cara mengambil kebijakan saya pun berbeda,” lanjut dia. Hal ketiga yang membuat Jokowi merasa layak dipilih rakyat adalah ketegasannya mengambil keputusan. Menurut Jokowi, ketegasan bagi pejabat publik bukan diukur oleh gesture, postur tubuh, atau wajah, melainkan keputusan yang diambil, apalagi keputusan yang menuai risiko bagi jabatannya. (○)