Menangkan Kembali DKI, PDIP Gelar Safari Kebangsaan ke-5

JAKARTA – PDI Perjuangan menargetkan kemenangan di DKI Jakarta pada Pemilu 2019. Untuk merealisasikan itu, PDIP akan bekerja sama dengan partai politik koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan memadukan upaya pemenangan dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Karena pada era orde baru partai tersebut memiliki suara besar di ibukota.

“Karena zaman Pak Harto, Jakarta itu PPP. Dengan demikian kerja sama dengan PPP, Golkar, akan dilakukan. Bagi kami, yang penting Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin yang utama di Jakarta,” kata Hasto, Sabtu (19/1/2019)

Hal itu dia sampaikan jelang melakukan Safari Kebangsaan di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Safari Kebangsaan ke-5 itu dilakukan mulai hari ini, hingga Minggu (20/1/2019).

Menurut Hasto, kerja sama dengan parpol koalisi itu menjadi penting karena kantong-kantong pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga di Jakarta sangatlah banyak. Maka PDIP menyadari takkan mungkin semuanya bisa digarap sendirian.

Lebih lanjut, Hasto menyatakan koalisi parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf akan semakin intens melakukan gerakan teritorial, dari pintu ke pintu menemui langsung masyarakat. Respons pemilih nantinya akan menjadi evaluasi untuk melakukan upaya pemenangan selanjutnya hingga puncak pelaksanaan Pemilu 2019.

Berdasarkan survei hari ini, ungkap Hasto, elektabilitas Jokowi dan Kiai Ma’ruf di Jakarta melampaui 7 persen di atas Prabowo-Sandi. “Kita lihat nanti. Tak tahu setelah tari-tarian (Prabowo, red) di debat, mungkin akan bertambah,” ujarnya.

Khusus untuk suara partai, dia percaya jika PDIP bisa meraup suara besar. Pihaknya menargetkan menguasai kembali ibu kota.

Hasto percaya diri karena berkaca perolehan suara 2014. Pada Pemilu 2014, PDIP menjadi pemenang di DKI Jakarta dengan menguasai seluruh daerah pemilihan (Dapil).

“Jakarta memberikan kepercayaan penuh tidak hanya kepada pak Jokowi dan JK, tapi juga kepada PDIP. Kepercayaan ini tentu saja harus kami gunakan sebaik-baiknya dengan membangun dialog,” kata Hasto Safari kebangsaan jilid kelima ini dimulai dengan berziarah ke makam Pangeran Jayakarta di Rawamangun, Jakarta Timur. Hasto ditemani beberapa caleg PDIP, seperti Putra Nababan dan Wiryanti Sukamdani. (goek)