Menangkan Gus Ipul-Mas Anas, PDIP Terjunkan Sekjen dan Wasekjen

SURABAYA – PDI Perjuangan bakal menerjunkan Sekjen DPP Hasto Kristiyanto dan Wakil Sekjen Ahmad Basarah untuk memenangkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas (Mas Anas) pada Pilgub 2018.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari mengatakan, Hasto Kristiyanto ditugaskan untuk berkampanye di wilayah Mataraman. Sedangkan Ahmad Basarah menggarap wilayah Tapal Kuda.

“Kami telah sepakat, nanti akan dibagi Pak Sekjen fokus di Mataraman, dan Pak Basarah di Tapal Kuda,” kata Sri Untari, usai pertemuan tertutup dengan tim pemenangan Gus Ipul-Mas Anas di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Senin (11/12/2017).

Pihaknya juga telah menyiapkan beberapa juru kampanye untuk kemenangan Gus Ipul-Mas Anas. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, juga akan menjadi jurkam.

“Para kepala daerah dari PDI Perjuangan juga akan turun. Begitu juga para menteri dari PDI Perjuangan, asalkan dapat izin dari presiden, juga akan ikut membantu di Jatim,” ujar Sekretaris Tim Pemenangan Gus Ipul-Mas Anas ini.

PDI Perjuangan, tambah Untari, sengaja akan turun dengan full team karena Jawa Timur adalah daerah penting. Jumlah pemilih di Jawa Timur merupakan yang terbesar kedua setelah Jawa Barat sehingga PDIP memang fokus untuk memenangkan Pilkada Jatim.

Sementara itu, terkait tim pemenangan gabungan PDI Perjuangan dan PKB, saat ini segera diselesaikan. Selanjutnya, PDI Perjuangan dan PKB akan mengumpulkan seluruh pengurus di level kabupaten/kota.

PDI Perjuangan misalnya, pada Rabu 13 Desember 2017 besok akan mengumpulkan seluruh DPC PDIP se Jawa Timur.

“Nanti kita petakan, mana daerah basis PDI Perjuangan dan mana yang basis PKB. Juga akan disusun tim pemenangan tingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Selain tim pemenangan gabungan dan tim pemenangan masing-masing partai politik, juga akan segera didata tim relawan yang saat ini sudah ada.

Tim relawan ini akan mengekor pada kedekatan emosional dengan PDI Perjuangan atau dengan PKB.

Misalnya, relawan yang basisnya nasionalis akan berkonsolidasi dengan PDIP. Sedang yang agamis akan berkoordinasi dengan PKB.

“Untuk posko pemenangan sudah kami siapkan. Nantinya, posko pemenangan yang sekaligus posko gotong royong ini ada di kantor DPD dan DPC-DPC. Rata-rata kantor kami luas-luas,” ucap perempuan yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jawa Timur ini. (goek)