Menang Tanpa Ngasorake

sambut kemenangan jokowi2SURABAYA – Tim Pemenangan Jokowi-JK Jatim menyerukan kepada seluruh kader partai pendukung dan relawan untuk menjaga situasi yang damai pasca penetapan Jokowi-JK sebagai presiden terpilih. Ketua Tim Pemenangan Jatim, Kusnadi SH mengatakan, tugas bersama saat sekarang adalah membuat suasana damai.

“Menang tanpa ngasorake (menang tanpa merendahkan). Tetap damai agar perjalanan bangsa berlangsung lancar karena didukung situasi yang kondusif,” kata Kusnadi, dalam acara syukuran menyambut kemenangan Jokowi-JK di aula DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Selasa (22/7/2014) petang.

Sekretaris tim pemenangan, Thoriqul Haq, menambahkan, kekalahan juga dialami presiden-presiden sebelumnya. Presiden Soekarno, jelasnya, pernah dijatuhkan orde baru. Gus Dur juga pernah dijatuhkan. Termasuk Megawati Soekarnoputri yang pernah ditelikung dan juga kalah dalam pilpres.

“Tetapi, dari ketiga presiden tersebut, hal yang sama adalah kekalahan disikapi dengan legowo dengan mengakui kekalahan. Mereka tetap berbesar hati demi perjalanan bangsa dan negara yang bermartabat. Yang seperti ini adalah sikap seorang negarawan sejati,” kata Thoriq, yang juga Sekretaris DPW PKB Jawa Timur.

Bahkan, tambah Thoriq, Nabi Muhammad juga pernah mengalami kekalahan dalam sebuah peperangan yang juga diakui. “Nah, kalau ada orang-orang yang tidak mengakui kekalahan, tentu bukan negarawan,” katanya. (her)