Megawati Tunjuk ER jadi Ketua DPC Kabupaten Malang

pdip jatim - Eddy Rumpoko saat Konfercab Serempak 9 Maret 2015

Eddy Rumpoko saat Konfercab DPC PDIP Serentak 9 Maret 2015

MALANG – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko akhirnya ditunjuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua DPC Kabupaten Malang. Keputusan menunjuk Eddy Rumpoko sebagai Ketua DPC setelah Konferensi Cabang (Konfercab) PDI Perjuangan Kabupaten Malang di Hotel Utami pada Selasa (10/3/2015) lalu mengalami kebuntuan.

Dalam rapat pleno dipimpin di kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung Jakarta, pada Kamis (12/3/2015). Megawati memutuskan menunjuk Eddy Rumpoko menggantikan Hari Sasongko sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang hingga 2020.

“Keputusan itu diambil Ibu Megawati dan segera diumumkan setelah struktur dan personalia DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, telah terbentuk semua,” ungkap Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Ahmad Basarah kepada wartawan, Jumat (13/3/2015).

Setelah ditunjuk sebagai Ketua DPC, lanjut Basarah, Eddy Rumpoko diminta segera mengambil langkah-langkah khusus yang diperlukan, untuk memperbaiki kondisi dan eksistensi PDI Perjuangan di Kabupaten Malang.

Dalam rapat pleno DPP, tambah Basarah, juga dibahas tentang kerusuhan yang terjadi selama Konfercab PDIP Kabupaten Malang. Ketua DPP Ari Batubara yang memimpin jalannya konfercab, melaporkan adanya aksi kekerasan yang dilakukan beberapa oknum Pengurus Anak Cabang (PAC) dan sekelompok orang yang mengaku pendukung salah seorang calon Ketua DPC.

Oleh karena ada kerusuhan itulah, lanjut Ahmad, akhirnya Ari Batubara menyatakan konfercab deadlock alias gagal diselenggarakan. Sesuai Surat Ketetapan DPP PDI Perjuangan Nomor 66 tahun 2015, Ari lalu menskorsing konfercab dan menyerahkan keputusan selanjutnya kepada DPP.

Terpisah, Eddy Rumpoko mengaku sudah menerima penunjukan dari Megawati tersebut. Sebagai kader PDIP, dia menyatakan siap menjalankan semua instruksi DPP.

“Setelah saya mendapat mandat secara resmi itu, secepatnya saya akan melakukan konsolidasi dengan kader-kader PDI Perjuangan di Kabupaten Malang,” ujar Eddy.

Dia juga segera melengkapi struktur kepengurusan DPC Kabupaten Malang periode 2015-2020. Soal deadlock hingga berbuntut terjadinya kerusuhan saat konfercab, Eddy Rumpoko melihatnya sebagai bentuk kecintaan kader terhadap PDIP.

“Saya yakin, masalah ini akan segera selesai karena pengurus DPP sudah mengambil langkah,” tandasnya.

ER, sapaan akrab Eddy Rumpoko, juga menjadwalkan dalam waktu dekat turun ke pengurus ranting, sekaligus silaturahmi dengan tokoh masyarakat, ulama dan kiai di Kabupaten Malang. “Supaya kader dan pengurus tetap solid dan mengedepankan partai, berjuang bersama-sama memenangkan pilkada mendatang,” ucapnya. (pri/*)