Megawati: Pemerintah Jangan Abaikan Anak Cacat

pdip jatim - megawati - mufidah JK - khofifahJAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ternyata pernah menjadi sukarelawan yang melayani anak cacat. Aktivitas sosial itu dilakukan Megawati saat masih remaja dengan menjadi relawan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC).

Menurut Mega, ayahnya, Presiden pertama RI Soekarno, pernah mengajaknya ke YPAC. Saat itu dia masih berusia 13 tahun. Sejak itulah, Presiden ke-5 RI ini tertarik menjadi relawan di YPAC.

“Saya pernah jadi sukarelawan di sini selama satu tahun. Saya pun pernah mengetahui gerakan YPAC,” ungkap Mega, saat menghadiri acara ulang tahun ke-60 YPAC di gedung utama YPAC yang baru direnovasi di Jalan Hang Lekiu III, Jakarta Selatan, Rabu (5/11/2014).

Selain Megawati, tampak hadir Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla, dan istri Plt Gubernur DKI Jakarta Veronika Tan. Di acara tersebut, Mega diajak berkeliling dan menyapa beberapa anak yang sedang belajar dan menjalani terapi.

Pada kesempatan itu, Megawati menilai perhatian pemerintah masih kurang terhadap anak-anak berkebutuhan khusus seperti itu. Padahal, menurutnya, banyak anak-anak cacat yang ternyata mampu membuat kerajinan-kerajinan tangan. “Itu dapat dipasarkan,” katanya.

Dia menambahkan, tugas utama pemerintah adalah memberikan ruang berkarya bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus. Beberapa kementerian yang juga perlu memperhatikan anak-anak cacat, adalah kementerian perdagangan dan kementerian kesehatan. (pri)