Megawati: Calon Kepala Daerah Jangan Cengeng

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik pada pembukaan Rakernas III PDI-P di Jakarta, Kamis (6/9).JAKARTA — Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi agar tidak mengandalkan mesin partai. Menurut Megawati, PDI Perjuangan hanya menerbitkan rekomendasi dan membantu pengorganisasiannya, selebihnya calon kepala daerah yang harus berjuang serta menunjukkan kaliber masing-masing.

“Partai hanya mendorong dengan menggerakkan lapangan. Jangan berpikir kalah atau menang. Begitu masuk lapangan, terjun, kerja, jangan lihat kanan dan kiri. Hanya memang harus tahu itu musuh, bagaimana caranya menghantam. Jangan cengeng, nanti ibu-ibunya harus jadi fighter. Tanpa semangat juang, sudah setengah kalah,” kata Megawati saat membuka sekolah partai calon kepala daerah di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Minggu (28/6/2015).

Baca juga: Hari Ini Sekolah Calon Kepala Daerah Dimulai

Megawati mencontohkan perjuangan seorang kepala daerah yang dengan cerdas meraup suara meskipun dana yang dikeluarkannya tergolong sedikit. Menurut Megawati, banyaknya uang bukan persoalan yang paling pokok dalam memenangi pilkada.

“Yang paling pokok perjuangan kita, daya juang kita. Apalagi sedang bulan puasa, emosi biasanya sudah turun, pikirkan lagi masih mau maju atau tidak karena masih ada hari-hari bagi saya untuk mengganti,” ucap Megawati kemudian disambut tepuk tangan hadirin.

Dia juga mengingatkan para calon kepala daerah agar berhati-hati dalam mengelola uang untuk berkampanye. Menurut dia, ada calon kepala daerah yang meninggal dunia karena terlilit utang untuk memperoleh modal kampanye.

Megawati menegaskan, PDI Perjuangan berkomitmen memenangkan calon yang telah diusungnya. Sebab, yang dibutuhkan PDI Perjuangan adalah kemenangan partai di daerah-daerah, dan bukan kemenangan orang per orang.

“Kalau saya utus, maka saya akan menangkan orang itu. Tetapi, kalau saya lihat orang itu bukan memperjuangkan ideologi partai, maka saya coret,” tegas dia.

Megawati juga mengingatkan calon kepala daerah yang diusung partainya untuk menghindari masalah hukum. Dia berharap tidak ada calon kepala daerah yang maju demi kekuasaan untuk memperjuangkan kepentingan pribadi masing-masing.

Acara ini dihadiri lebih dari 100 calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang akan diusung PDI Perjuangan dalam pemilihan kepala daerah serentak nantinya. (goek/*)