Megawati Buka Try Out PTN Serentak

pdip-jatim-Sukur-Nababan-Konpers-try-iutJAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dijadwalkan membuka try out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (21/5/2016).

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Sukur H Nababan mengatakan, acara try out nasional yang digagas PDI Perjuangan ini diikuti sedikitnya 200.000 peserta SLTA/sederajat di 34 provinsi seluruh Indonesia.

‎”Program ini merupakan bukti dan komitmen PDI Perjuangan, khususnya Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), pada dunia pendidikan dan generasi muda bangsa Indonesia,” jelas Sukur Nababan, Jumat (20/5/2016).

Dari Jawa Timur sendiri, sampai Jumat malam, sudah terdaftar 10.000 peserta try out. Menurut Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPD PDI Perjuangan Jatim, Ida Bagus Nugroho, bisa jadi sampai pelaksanaan try out, pesertanya akan bertambah.

“Info yang kami terima dari beberapa kabupaten/kota, masih banyak yang berminat mengikuti try out SBMPTN yang digelar secara cuma-cuma ini,” katanya.

Langkah konkret try out ini, lanjut Sukur Nababan, juga menjadi cita-cita PDI Perjuangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara. Diharapkan, melalui try out ini bisa menjadi sarana‎ bagi siswa SLTA/sederajat menghadapi SMBPTN, agar berhasil masuk PTN favorit di Indonesia.

Dia menambahkan, tujuan dari try out ini antara lain menyiapkan mental dan psikologi para siswa pada saat menghadapi SBMPTN. Karena suasana try out dibuat mirip dengan suasana pada saat SBMPTN nanti.

Selain itu, untuk menyiapkan siswa cara mengisi data-data pribadi dan data pengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN nanti. Sebab, selama ini masih banyak siswa melakukan kesalahan pada saat mengisi data-data dan lembar jawaban.

“Ini menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi. Karena kami membuat soal-soal yang terukur dan identifikasi PTN saat try out,” katanya.

Anggota Komisi V DPR RI ini menambahkan, program ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman para siswa dalam menentukan universitas unggulan misalnya daya tampung dan grade universitas. (goek)