oleh

Mega Dorong Pengurus PDI Perjuangan Jadi Doktor Hingga Profesor

JAKARTA – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri punya cerita soal Hasto Kristiyanto, yang merupakan bawahannya di PDI Perjuangan, soal kuliah program doktoral (Strata-3/S3) di Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia.

Di tengah kesibukan di PDIP sebagai sekretaris jenderal (Sekjen), Hasto berniat menempuh studi doktoral di Unhan. Karena itu, Hasto harus minta izin kepada Megawati sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

Cerita itu disampaikan Megawati jelang menutup orasi kebangsaan dalam kuliah perdana Unhan, yang upacara pembukaannya dipimpin Menhan Prabowo Subianto, Sabtu (29/8/2020).

Baca juga: Orasi Kebangsaan di Program S3 Unhan, Ini Pesan Megawati

“Di Universitas ini, Sekjen saya Pak Hasto Kristiyanto ikut juga ambil doktor, minta izin,” ungkap Megawati.

Mendengar pernyataan Megawati itu, Prabowo langsung melambaikan tangan, memanggil Hasto yang duduk bersama para mahasiswa S3 di bagian belakang ruang acara. Akhirnya, Hasto menuju ke arah Prabowo, lalu duduk di samping Prabowo.

Megawati melanjutkan, awalnya dia bertanya, fokus studi apa yang akan diambil Hasto di Unhan. Hasto lalu menjawab, di Unhan dirinya akan mengambil studi geopolitik yang menurutnya sangat bagus untuk menimba ilmu.

“Lah ngapain kamu kok di Universitas Pertahanan? Saya tanya. Dia jawab, ‘ya mau sih bu karena diizinkan’. Terus apa yang kamu ambil? Dijawab dia, ‘boleh ndak bu, yang namanya ilmu geopolitiknya bagus,” kenang Megawati soal perbincangannya dengan Hasto.

“Saya jawab boleh. Bagus itu,” tambah Megawati.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu lalu bercerita soal pengurus pusat Partainya yang lain, yakni Ahmad Basarah yang kini sudah meraih gelar doktor Pancasila. Tak berhenti di situ, Megawati pun meminta Basarah agar menjadi profesor Pancasila.

“Seperti Pak Basarah sekarang doktor Pancasila Wakil Ketua MPR. Jadi, saya suruh sekarang coba kamu jangan diam diam saja, ambil profesornya, profesornya Pancasila. Supaya ya itulah anak-anak muda bisa tahu,” tambah Megawati.

Lebih lanjut, Megawati berharap apa yang disampaikannya bisa memberikan perlindungan kepada archipelago bangsa Indonesia. Kepada para mahasiswa, Megawati tak lupa memberi pesan agar terus menggembleng diri.

“Semoga ada gunanya, harus terus menggembleng diri di universitas ini, dijadikan sebuah kawah candradimuka,” tutup Megawati.

Prabowo, Hasto dan semua yang hadir di auditorium pun memberikan tepuk tangan panjang atas orasi yang disampaikan Megawati. (goek)

rekening gotong royong