Mbak Puti Ziarah ke Makam Sunan Ampel

SURABAYA – Napak tilas sejarah kebangsaan dan religi dilakukan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno dalam kunjungannya di Kota Pahlawan, Senin (22/1/2018).

Usai mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno dan rumah indekos yang tercatat sebagai kediaman pahlawan bangsa HOS Tjokroaminoto, Mbak Puti ziarah ke makam Sunan Ampel, salah satu wali penyebar agama Islam di Nusantara.

Tiba di Ampel selepas shalat Ashar, Mbak Puti diterima langsung oleh Ketua Takmir Masjid Ampel Mohammad Azmi Nawawi dan sejumlah pengurus masjid. Mereka memanjatkan doa di pusara Sunan Ampel dipimpin langsung oleh Kyai Azmi.

Mbak Puti, sapaan akrab Puti Guntur Soekarno, ditemui wartawan mengatakan, kunjungannya ke Ampel adalah untuk berziarah sekaligus menghormati peran para wali dalam penyebaran agama Islam di Surabaya dan Jawa Timur.

“Saya ke sini untuk ziarah. Berdoa pada Allah setiap saat dan waktu. Sekaligus untuk menghormati para wali. Bagaimanapun, para wali, sunan, adalah leluhur yang mempunyai keterikatan sejarah dengan Surabaya dan Jawa Timur,” kata Mbak Puti.

Kepada para pengurus masjid dan makam Ampel, Mbak Puti juga menanyakan kondisi masjid dan peziarah. “Alhamdulillah, hari ini tadi ada sepuluh ribuan peziarah,” kata cucu dari Bung Karno ini.

Menurut Kyai Azmi, jumlah peziarah akan bertambah banyak jumlahnya pada saat hari libur maupun hari besar keagamaan. Karena membeludaknya jumlah peziarah itu pula Kyai Aswi mengaku kurang bisa maksimal dalam melayani pengunjung.

“Kami sampaikan juga (kepada Mbak Puti) kadang-kadang kami merasa kurang maksimal dalam melayani para tamu. Sebab jumlahnya terus bertambah banyak,” kata Kyai Asmi. (hs)