Mbah Katiyem Memanggil, Jokowi: Inggih Mbah

pdip jatim - presiden - mbah katiyem - ngawi

Mbah Katiyem duduk di samping Presiden Joko Widodo saat acara dialog dengan petani di lapangan Keras Wetan,Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Sabtu (31/1/2015).

NGAWI – Sebuah pemandangan yang cukup mencengangkan terlihat saat Presiden RI Joko Widodo di lapangan Keras Wetan,Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Seorang perempuan tua tampak “bersanding” sesaat dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Wanita tua yang mendapat kesempatan emas tersebut adalah Mbah Katiyem warga Desa Keniten, Kecamatan Geneng, Ngawi. Tubuhnya yang sudah renta terdesak-desak oleh warga lainnya hingga menarik perhatian Jokowi.

Presiden akhirnya meminta Paspampres untuk menolong Mbah Katiyem. Presiden juga meminta duduk bersama dengan Mbah Katiyem. Hal tersebut membuat Mbak Katiem bahagia. “Pak Jokowi ya,” kata Mbah Katiyem senang.

“Inggih, Mbah, Kulo Jokowi (Ya, Mbah. Saya Jokowi),” jawab Presiden Jokowi tersenyum yang langsung diikuti gelak tawa warga dan rombongan pejabat yang ada.

Meski hanya sebentar, namun tersirat kebahagiaan di wajah Mbah Katiyem. Presiden dan rombongan lalu berjalan menuju kendaraan yang telah disiapkan untuk meninjau lokasi berikutnya. Sementara itu di lapangan, juga terlihat sejumlah warga yang menggunakan kaos putih bertuliskan “Jokowi milik rakyat Indonesia” berwarna merah.

Kunjungan Jokowi ke Ngawi dalam rangka untuk membagikan alat pertanian berupa 852 unit traktor tangan dan 377 unit pompa air di Desa Keras Wetan, Geneng. Presiden juga melihat pengerukan sedimentasi Dam Budengan, Desa Legundi, Karangjati. Kegiatan tersebut guna mempercepat program swasembada pangan yang ditargetkan hingga tiga tahun ke depan.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim, Pangdam Brawijaya, pejabat Pemkab Ngawi, dan Forpimda kabupaten/kota sekitar Ngawi. (inilah.com)