Mauricio Macri Beri Kaos Timnas Argentina kepada Jokowi

BOGOR – Presiden Joko Widodo dapat kejutan dari Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (26/6/2019) .

Usai menyampaikan keterangan pers, Mauricio Macri tiba-tiba memberikan sebuah kaos sepak bola tim nasional Argentina kepada Joko Widodo. Kaos bernomor punggung 10 tersebut tertera nama JOKOWI.

Tidak mau kalah dengan kejutan yang dibuat tamunya, Jokowi pun memberikan hadiah berupa bola buatan Majalengka. Bola tersebut diterima Macri dengan bahagia yang kemudian sempat menunjukkan aksi heading dengan bola tersebut.

Saat menyampaikan keterangan pers, Presiden Jokowi mengatakan, merupakan kehormatan bagi dirinya  dapat menerima kunjungan kenegaraan Mauricio Macri, yang baru pertama kali ini ke Indonesia.

“Kami sudah pernah bertemu di saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hangzhou, RRT dan kali ini kami bertemu kembali menjelang KTT G20 di Osaka,” kata Jokowi .

Menurutnya, Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan. Dan dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor itu telah peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian, dan industri strategis.

“Kami membahas berbagai upaya menyeimbangkan perdagangan kedua negara termasuk melalui counter trade,” ujarnya.

Dalam pertemuan kali ini, Jokowi menawarkan berbagai produk barang dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia.

PT Dirgantara Indonesia menawarkan pesawat, PT GMF (Garuda Maintenancet Facility) menawarkan kerja sama dalam jasa maintenance pesawat, dan PT INKA menawarkan produk lokomotif dan gerbong berstandar internasional.

Dia juga mendorong langkah-langkah untuk mendekatkan pengusaha nasional, di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dengan MERCOSUR, blok dagang terbesar di Kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay.

Dan untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, perdagangan dan investasi, juga ditandatangani MoU (Memorandum of Understanding) kerja sama di bidang Pendidikan, kemudian Joint Ministerial Statement on the Establishment of the Working Group on Trade and Investment.

Sebagai sesama negara agraris, Jokowi juga melihat potensi kerja sama di bidang pertanian. Dia menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari Rencana Aksi Kerja Sama Pertanian antara Argentina dan Indonesia.

Pada kesempatan itu, Macri juga menyampaikan selamat atas pemilu yang sudah berlangsung di Indonesia, dan yang sudah mempercayakan negara ini kepada Jokowi. “Sekali lagi, selamat,” ucapnya. (goek)