Masuk Musim Hujan, Risma Sidak Rumah Pompa hingga Tanggul

SURABAYA – Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan, untuk mengantisipasi banjir, sejak tahun 2011 Pemkot Surabaya telah mengganti pompa-pompa lama dengan yang baru, membangun saluran baru, melakukan pengerukan dan memindahkan jembatan yang dianggap mengganggu dengan mengganti konstruksi yang baru.

“Sudah banyak sekali yang kita lakukan tahun ini, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Risma, saat melakukan sidak di Rumah Pompa Kalisari Timur, kemarin.

Sedang untuk mengatasi permasalahan banjir akibat air laut pasang yang menggenangi daratan (banjir rob), menurut Risma, pemkot telah membuat tanggul di daerah Kali Lamong.

“Nanti kalau tanggul sudah jadi, hasil genangan itu kita masukkan di saluran lalu dimasukkan ke rumah pompa. Kini kami juga membangun rumah pompa di daerah Kandangan dan sekarang proses konstruksi,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya mengakui bahwa masih ada wilayah yang dianggap cukup rawan dan perlu adanya perhatian khusus dari pemkot agar terhindar dari banjir, seperti yang ada di Surabaya Barat.

“Khusus untuk menanggulangi banjir di wilayah Surabaya Barat, kita membangun tanggul laut di Kali Lamong sepanjang 8 Km dan ini masih dalam tahap pengerjaan,” tutur wali kota yang baru saja menerima penghargaan Gobal City di New York, beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, sisa lahan yang ada di Kali Lamong nantinya akan digunakan untuk pembangunan solar cell kerja sama Pemkot Surabaya dan PLN.

“Jadi kalau mau dibangun 10 hektar ya gak apa-apa, 20 hektar juga tidak masalah, karena itu akan sangat membantu untuk menciptakan sumber energi baru yang terbarukan,” imbuhnya.

Meski  demikian, dia kembali mengingatkan bahwa terobosan yang sudah dilakukan pemkot untuk mengantisipasi banjir, tidak serta merta berjalan mulus. Sebab, cuaca yang tidak menentu.

“Kita tidak bisa memprediksi alam karena itu kuasa Tuhan. Jadi sekali lagi  saya kembalikan semuanya kepada Yang Mahakuasa,” tuturnya.

Sidak kemarin dilakukan Risma di beberapa tempat. Menurut Risma sidak tersebut dilakukan menjelang datangnya musim penghujan.

Selain Rumah Pompa Kalisari, Risma juga melakukan sidak di Bundaran Dolog dan lintasan kereta api dekat lampu merah mall Royal Wonokromo, Rumah Pompa Balong II, serta Kali Lamong. (goek)