Makan Lele Bakar Massal di Telaga Sarangan

pdip jatim - makan lele massal magetanMAGETAN – Sebanyak 3.000-an ekor ikan lele dibakar di tepi telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur Sabtu (30/8/2014) siang. Ikan itu dibakar 500 orang yang berjajar mengelilingi tepian telaga.

Bakan ikan massal itu bagian dari acara gebyar makan ikan yang diselenggarakan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Magetan. Cara ini digelar untuk menggalakkan budaya gemar makan ikan di masyarakat.

Menurut Bupati Magetan Sumantri, acara ini adalah tindak lanjut dari gerakan gemar makan ikan yang dicanangkan pemerintah pusat, di mana setiap tanggal 17 adalah sebagai Hari Makan Ikan Nasional.

“Kita ingin mengenalkan manfaat ikan pada masyarakat. Kandungan gizi pada ikan sangat baik untuk meningkatkan asupan gizi keluarga,” ujar Sumantri.

Sumantri hadir bersama istri didampingi Wakil Bupati Magetan, Samsi, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan setempat. Nampak pula hadir Ketua DPRD Magetan Joko Suyono dan jajaran muspida Magetan. Mereka beramai-ramai bersama masyarakat mencicipi lele bakar yang disajikan gratis.

“Ketersediaan ikan lele di Magetan cukup banyak. Supaya tidak hanya memproduksi, masyarakat Magetan semestinya juga ikut mengonsumsinya,” tambah bupati dari PDI Perjuangan itu.

Dipilihnya telaga Sarangan sebagai lokasi acara menurut Sumantri adalah untuk menambah daya tarik telaga Sarangan sebagai ikon wisata Magetan. Menurut Sumantri, acara ini akan dilakukan rutin sehingga bisa menjadi media promosi wisata Magetan.

Selain bakar ikan, digelar juga lomba lele terberat, lomba masak lele, dan pemberian makanan tambahan bagi siswa sekolah. Acara diakhiri dengan pelepasan benih ikan ke danau Sarangan yang dilakukan bupati dan para muspida. (sa)