Lewat PDI Perjuangan, 6 Kandidat Siap Ikut Kontestasi Pilbup Banyuwangi

BANYUWANGI – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi sampai kemarin menjaring enam bakal calon bupati (bacabup) dan bakal cawabup yang akan ikut kontestasi Pilkada Banyuwangi 2020.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Bupati DPC PDI Perjuangan Banyuwangi Made Swastiko mengatakan, sampai hari Sabtu (14/9/2019), enam bacabup dan bacawabup telah mengembalikan dan menyerahkan formulir serta persyaratan pendaftaran.

Mereka adalah, Ali Ruchi, dr. Taufik Hidayat, Wiwik Pujiati, dan Yusuf Widyatmoko sebagai bakal calon bupati. Sedang Raden Bomba Sugiarto, dan Ficky Septalinda mengembalikan formulir sebagai bakal calon wakil bupati.

 “Jadi ada enam, sudah mengembalikan formulir termasuk menyerahkan dokumen persyaratan untuk pendaftaran. Di antaranya, dokumen dari pengadilan yang menegaskan calon tidak pernah berurusan hukum, SKCK, laporan pajak. Meskipun belum semua calon melengkapinya,” kata Made, kemarin.

Seluruh bakal calon, lanjut Made, akan diberi waktu hingga tiga hari untuk melengkapi persyaratan, sebelum kemudian diserahkan ke DPP PDI Perjuangan melalui DPD PDIP Jatim.

“Jadi kita beri waktu sampai tanggal 17 September kepada mereka untuk melengkapi dokumennya. Kami berharap semua bakal calon serius melengkapi untuk dapat maju dalam Pilkada Banyuwangi mendatang,” ujarnya.

Sedang Wakabid Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Banyuwangi Salimi mengatakan, seluruh berkas formulir bacabup maupun bacawabup yang telah memenuhi syarat yang telah ditentukan Tim Penjaringan, segera dikirimkan ke DPD PDIP Jatim

“Seluruh pendaftar bacabup maupun bacawabup melalui PDI Perjuangan telah mengembalikan formulir. Selanjutnya akan kita kirimkan ke DPD PDI Perjuangan Jatim,” ujar Salimi.

DPC PDIP Banyuwangi sebelumnya menetapkan jadwal pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah sejak 5 September hingga Sabtu kemarin. Tahap selanjutnya, dilakukan proses verifikasi dan validasi dokumen. (goek)