Lagu Dukung Jokowi-JK Presiden Capai Puluhan

sasa-cd jokowiLAGU diciptakan sejumlah musisi sebagai bentuk dukungan kepada capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla terus bermunculan. Unit Seni Musik Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur mencatat ada puluhan lagu tentang Jokowi-JK.

Menurut Ketua Unit Seni Musik Tri Widya, Jumat (27/6/2014), pihaknya mendapatkan puluhan lagu itu dari pelacakan di sejumlah website. “Di satu situs musik saja, stafaband.info, ketika mengetik kata Jokowi muncul empat puluhan lagu. Itu beberapa hari lalu, nggak tahu hari ini sudah ada berapa. Luar biasa, ini setara empat sampai lima album,” katanya.

Puluhan lagu itu, tambah Tri, terdiri dari berbagai macam aliran musik. Ada yang bergenre rock, hip-hop, rap, pop, akustik, remix, dangdut, campur sari, hingga k-pop. Lagu sebagian besar diciptakan secara khusus oleh musisi pendukung Jokowi.

Lagu berjudul Salam Dua Jari misalnya, digarap secara khusus oleh grup band Slank dan Komunitas Revolusi Harmoni. Ada pula lagu Bersatu Padu Coblos nomer 2 yang digarap Marzuki Kill The DJ asal Yogyakarta dan lagu Aku Rapopo besutan grup rock asal Surabaya, Cacak Band.

Namun, tak sedikit pula pencipta yang menggunakan nama anonim pada lagu-lagu yang diunggah di berbagai situs dan media sosial. Bahkan, ada beberapa lagu yang tidak diketahui pengarangnya.

Sementara untuk memenuhi animo para pendukung Jokowi-JK terhadap lagu-lagu bersyair capres nomer 2 itu, Tri mengumpulkan puluhan lagu itu dan mencetaknya dalam kepingan CD berformat MP3. Ide tersebut didasari adanya permintaan para pendukung yang ingin mendengarkan lagu Jokowi-JK tetapi tidak mempunyai sarana untuk mengakses internet.

“Biasanya kalau ada yang menyablonkan kaos di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jatim, ada juga yang tanya CD lagu-lagu Jokowi-JK. Maka kita siapkan beberapa keping, tapi tidak secara khusus mencetak dalam jumlah besar-besaran,” ucapnyai.

Lagu-lagu yang dicetak dalam CD, kata Tri, memuat 22 lagu yang bertema pencapresan Jokowi. Dua puluhan lagu itu tidak termasuk lagu-lagu yang diciptakan para musisi saat mendukung pencalonan Joko Widodo pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa tahun lalu. “Jumlah 22 agar gampang diingat karena capres-cawapres yang kita dukung bernomer 2, tidak ada maksud lain,” kata Tri. (her)

Berikut 22 lagu untuk Jokowi-JK:

1.     Salam dua jari – Slank dkk

2.     Bersatu Padu Coblos No 2 – Marzuki Kill The DJ

3.     Blusukan – Vian Blusukers

4.     Jokowi Untuk Indonesia – Ega SWAG

5.     Jokowi Presiden Kami – Cewek Cantik (Lagu Jokowi Pilihan Rakyat)

6.     Jokowi-Gadis Mutmut

7.     JKW4P – Goldwin Mister

8.     I Love Jokowi – MR Botax

9.     Dari kami untuk Jokowi – TMO (topgan magic orchestra)

10. Jokowi Pemimpinku – Bona Paputungan & Iwan Piliang

11. Jokowi-JK Presiden Kita (1) – Owl City

12. Jokowi-JK Presiden Kita (2) – Owl City

13. Jokowi Nahkoda Bangsa – Ray Peni

14. Jokowi Presiden Kita – Pengamen Ibukota

15. Jokowi Presiden Ku – tidak diketahui

16. Jokowi Calon Presiden RI (dangdut)– Tidak diketahui

17. Jokowi (K-POP) – Tidak diketahui

18. Jokowi-JK Capres-Cawapres – Tidak diketahui

19. Oplosan Jokowi Presidenku – Tidak diketahui

20. Jokowi for RI 1 – tidak diketahui

21. Jokowi–JK Indonesia Hebat (campur sari) – tidak diketahui

22. Cari Presiden – Tidak diketahui