Kunjungan di Blitar, Jokowi Nyekar Makam Bung Karno

BLITAR – Di tengah kunjungan kerjanya ke Blitar, Presiden Joko Widodo berziarah ke makam Bung Karno, proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia, Kamis (13/1/2019).

Ziarah ke makam Bung Karno di Bendogerit, Kota Blitar itu dilakukan Jokowi usai meninjau proyek irigasi dan pengendalian banjir di dua desa di Kabupaten Blitar.

Tiba di makam Bung Karno di Jalan Ir Sukarno Kota Blitar, sekitar pukul 13.20 WIB, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana jins warna biru.

Begitu tiba di depan bangunan makam, langsung duduk simpuh di lantai depan pusara Bung Karno. Setelah sekitar 15 menit berdoa di depan makam Bung Karno, Jokowi lantas menabur bunga di makam Bung Karno.

Setelah itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Sukarwo dan Bupati Blitar Rijanto menyusul Jokowi. Mereka juga ziarah dan berdoa di makam Bung Karno.

Acara nyekar makam Bung Karno ini dilakukan Jokowi, di sela kunjungan kerjanya di Jawa Timur. Selama di Jatim, Jokowi blusukan ke sejumlah proyek infrastruktur, antara lain rehabilitasi saluran irigasi di Lodoyo, Kelurahan Jegu, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Jokowi juga menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Pendopo Pemerintah Kabupaten Blitar. Presiden beserta rombongan kemudian menuju Kabupaten Tulungagung memakai jalur darat untuk bermalam.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari di wilayah Jawa Timur. Beberapa wilayah itu adalah Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, serta Kabupaten Ponorogo.

Dalam kunjungan di Kabupaten Tulungagung, Jokowi akan meresmikan Rusunawa IAIN Tulungagung dan STKIP PGRI Tulungagung. Di Kabupaten Trenggalek, Presiden Jokowi akan melakukan peninjauan rest area Bendungan Tugu dan di Kabupaten Ponorogo akan membagikan sertifikat tanah. (goek)