Kota Pahlawan untuk PDI Perjuangan dan Jokowi

kampanye akbar pdip di surabaya 170314SEMANGAT kepahlawanan yang melekat pada Surabaya menjadikan kota ini dipilih sebagai tempat kampanye perdana tingkat nasional PDI Perjuangan. Hal itu dikatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam pidato kampanye di Lapangan Thor Gelora Pantjasila, Jl Indragiri, Surabaya, Senin (17/3) sore.

Kata Megawati, dirinya sengaja  menjatuhkan pilihan untuk kampanye perdana PDI Perjuangan tingkat nasional di Kota Surabaya karena kota ini memiliki sejarah dan semangat perjuangan. “Rakyat Surabaya terbukti dengan gigihnya melakukan perlawanan kepada penjajah pada 10 November 1945, yang biasa diperingati sebagai hari Pahlawan,” terang Megawati mengawali pidatonya.

Megawati menambahkan, Hari Pahlawan atau 10 November itu sendiri sejatinya simbol ketika rakyat bersatu padu berjuang, maka tidak ada yang tidak mungkin untuk dimenangkan. “Ketika rakyat bersatu, maka kemenangan bisa diraih,” tandasnya.

Baca juga: Megawati Napak Tilas Rumah Kelahiran Soekarno

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani dalam orasinya mengatakan jika tahun 2014  adalah tahun yang menentukan maju atau mundurnya Indonesia ke depan.

Puan juga mengingatkan, jika keluarga besar PDI Perjuangan dan rakyat Surabaya ingin mempunyai calon presiden dan calon wakil presiden sendiri, syarat yang harus dilalui adalah memenangkan pemilu legislatif dengan ukuran perolehan suara minimal 20 persen. “Ayo, arek-arek Surabaya, bersama-sama kita buktikan pada 9 April nanti! Kita memenangkan PDI Perjuangan agar dapat mengusung calon presiden dan wakil presiden sendiri,” kata Puan.

Di akhir orasinya, Puan membacakan Surat Perintah Harian dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Salah satu butir perintah harian yang ditulis tangan oleh Megawati beberapa hari lalu itu, meminta dukungan kepada rakyat Indonesia terkait pencalonan Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. (Baca: Perintah Harian Ketua Umum PDI Perjuangan).

Sementara Ketua DPD Jatim Sirmadji Tjondropragolo dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pengurus DPP yang menjadikan Surabaya sebagai tempat kampanye perdana nasional.

Kepada massa kampanye, Sirmadji menyerukan agar kader, simpatisan, dan keluarga besar PDI Perjuangan untuk seksama mengikuti arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan.

Kampanye di Surabaya diikuti ribuan massa dari PDI Perjuangan, kelompok-kelompok seni, tukang becak, bonek, hingga anak-anak muda dari Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Baca juga: Tari Remo Sambut Kedatangan Megawati (her)

Foto-foto kampanye, klik: di sini