Komisi C DPRD Jatim Rekomendasikan Dirut PT PWU Diganti

pdip jatim - sri untari sekretaris dpdSURABAYA – Komisi C DPRD Jawa Timur mendesak pemerintah provinsi segera mengganti Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim Arif Affandi. Penggantian Dirut PWU melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa itu sudah direkomendasikan Komisi C kepada pemprov.

“Komisi C sudah merekomendasikan agar Pemprov Jatim segera melakukan RUPS Luarbiasa. Jika diganti (Dirut PWU), maka itu lebih baik untuk growthing perusahaan,” kata Sri Untari anggota Komisi C DPRD Jatim, di ruang Fraksi PDI Perjuangan, sebelum rapat Paripurna Pansus Pembahas LKPJ Gubernur Akhir Tahun Anggaran 2014, Kamis (2/4/2015).

Menurut Untari, Pemprov Jatim selaku pemegang saham mayortas PT PWU berhak memngganti direktur dengan pertimbangan perbaikan kinerja managemen. “Pemprov mempunyai hak mengganti dirut demi perbaikan manajemen, baik itu melalui RUPS maupun RUPS Luar biasa. Kita di Komisi C sudah merekomendasikan untuk itu,” tambah dia.

Selama dipimpin Arif Affandi, lanjut Untari, PT PWU memang tidak merugi. Tapi jika dicermati, jelasnya, maka keuntungannya kurang signifikan mengingat penyertaan modal pemprov yang sangat besar.

“Selama ini PT PWU Jatim itu tidak mengalami kerugian, tapi keuntungannya kurang optimal. Jika diganti dirutnya, mungkin bisa ada penyegaran manajemen dan diharapkan bisa memacu perolehan keuntungan perusahaan,” ujar perempuan yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu.

Dia memperkirakan, pemprov menggelar RUPS Luar biasa dalam bulan April ini. Tetapi, Untari belum bisa memprediksi RUPS itu akan berhasil mengganti dirut atau tidak.

“Semua terserah pemprov, dan saya tidak tahu sikap pemprov seperti apa. Mestinya, demi perbaikan kinerja, ya, harus ganti,” kata Untari. (guh)