Koalisi PDI Perjuangan-Partai Demokrat Situbondo Siap Usung Calon Sendiri

image

SITUBONDO – Menjelang Pilkada 2015, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Situbondo menggelar deklarasi Situbondo Hebat bersama Partai Demokrat, kemarin. Deklarasi di kantor DPC PDI Perjuangan setempat itu untuk mengusung bakal calon bupati dan calon wakil bupati.
Ketua DPC PDI Perjuangan Situbondo, Narwiyoto menjelaskan, koalisi dua partai nasionalis itu sepakat akan mengusung bakal cabup dari PDI Perjuangan. Sedang bakal cawabupnya dari Partai Demokrat.
“Koalisi antara PDI Perjuangan dan Partai Demokrat sudah memenuhi syarat untuk mengusung calon bupati dan calon wakil bupati sendiri,” kata Narwiyoto.
Sesuai ketentuan, jelas dia, partai pengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati merupakan partai politik atau gabungan partai politik yang memperoleh suara minimal 9 kursi di DPRD. Saat ini PDI Perjuangan memperoleh 6 kursi di DPRD sedangkan Partai Demokrat 5 kursi.
Koalisi ditandai dengan penandatanganan risalah “Situbondo Hebat”. Dalam naskah koalisasi disebutkan, kedua partai siap memenangkan Pilkada 9 Desember mendatang.
Narwiyoto menambahkan, pasca deklarasi Situbondo Hebat, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat segera menyiapkan pasangan kandidat yang akan diusungnya. Sesuai tahapan pilkada, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati akan dibuka mulai 26 hingga 28 Juli mendatang.
Meski enggan menyebutkan nama calon, Narwiyoto memastikan bahwa PDI Perjuangan dan Partai Demokrat sudah memiliki kriteria calon orang terbaik untuk memimpin Situbondo lima tahun ke depan. Selain itu, koalisi Situbondo Hebat juga akan terus membangun komunikasi dengan partai politik lain. (goek/*)