Koalisi Hijau-Merah Dideklarasikan Jelang Pilbup Gresik

pdip jatim - deklarasi hijau merah gresikGRESIK – Koalisi Hijau-Merah dideklarasikan PKB dan PDI Perjuangan Kabupaten Gresik di RM Rahmawati, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kebomas, Gresik kemarin. Deklarasi koalisi dua kekuatan nasionalis-religius itu untuk menghadapi Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Gresik, Desember mendatang.

Tampak hadir, Ketua Dewan Syuro DPC PKB KH Robbach Ma’sum, dan jajaran pengurus kedua parpol. Koalisi ditandai dengan kesepakatan yang ditandatangani Ketua DPC PKB H Jazilul Fawaid dan Ketua DPC PDI Perjuangan Siti Muafiyah.

PKB dengan delapan kursi dan PDI Perjuangan enam kursi di DPRD Gresik sudah memenuhi syarat 20 persen untuk mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati. “Kami optimistis bisa meraih kejayaan seperti pada 1999, di mana waktu itu PKB dan PDIP sukses memenangkan KH Robbach Ma’sum dan menjabat bupati dua periode,” ujar Sekretaris DPC PKB Gresik Imron Rosyadi.

Sedang Sekretaris DPC PDI Perjuangan Gresik, Mujid Riduan mengatakan, deklarasi koalisi kedua partai itu sebagai tahap awal keseriusan PDI Perjuangan-PKB untuk membangun kerjasama dalam mengusung pasangan cabup-cawabup dalam Pilkada Gresik. Deklarasi ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan yang lebih intensif untuk memunculkan pasangan calon.

“Kalau sudah tahu formulanya siapa yang akan kami usung, akan dilakukan deklarasi lagi,” jelas Mujib Riduan.

Menurut Mujib, sejauh ini kedua partai belum membuat kesepakatan, siapa pasangan cabup-cawabup yang bakal diusung. Hanya, kedua parpol sudah sama-sama memiliki kandidat cabup maupun cawabup yang bakal diusung. Kandidat dari PDI Perjuangan, di antaranya Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur, Bambang Suhartono, Ketua DPC PDI Perjuangan Gresik, Siti Muafiyah dan Sekretaris DPC, Mujib Riduan.

Dari PKB, kandidat cabup-cawabup yang muncul di antaranya, Ketua DPC PKB Gresik, Jazilul Fawaid dan Ketua PCNU Kabupaten Gresik, Husnul Khuluq. Dari nama-nama tersebut sekarang tengah digodok di masing-masing DPP untuk diketahui siapa yang elektabilitasnya paling kuat untuk bisa memenangi Pilbup Gresik 2015.

Sementara, Siti Muafiyah mengatakan, dengan adanya koalisi ini, semangatnya satu, yaitu memenangkan Pilkada Gresik 2015 seperti saat 1999. “Kami tetap konsisten dan bertekad bulat memenangkan Pilbup Gresik 2015,” tuturnya.

Menurut Siti Muafiyah, PDI Perjuangan realistis untuk mengusung cawabup. Namun, semua tergantung hasil musyawarah mufakat kedua partai yang resmi berkoalisi dan pihaknya bakal mematuhi kesepakatan tersebut. (pri)