Kirab Adipura Kencana di Pawai Budaya Semipro

Hj Rukmini Wali Kota ProbolinggoPROBOLINGGO – Wali Kota Hj Rukmini mengatakan, piala Anugerah Adipura Kencana yang diterima Kota Probolinggo tahun ini dikirab, Minggu (15/6/2014) siang. Kirab penghargaan terbaik di bidang lingkungan itu digelar bersamaan acara pawai budaya Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo).

“Syukur alhamdulillah, Adipura Kencana kami dapatkan. Besok (Minggu hari ini, red), Adipura Kencana itu akan dikirab dalam Pawa Budaya Semipro,” kata Rukmini, saat memberi sambutan pembukaan Semipro 2014, di Alun-alun Kota Probolinggo, Sabtu (14/6/2014) malam.

Menurut Rukmini, Adipura Kencana sebagai persembahan untuk masyarakat yang sudah bahu-membahu menjadikan Kota Probolinggo sebagai kota yang peduli terhadap lingkungan. “Inilah hasilnya, reward untuk kita semua,” ujar wali kota dari PDI Perjuangan itu.

Seperti diketahui, Kota Probolinggo terus mengukir prestasi di tahun 2014. Setelah meraih predikat terbaik dalam bidang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan bidang keuangan, Kota Probolinggo mendapat Anugerah Adipura Kencana untuk kategori kota sedang.

Kota Probolinggo berhasil mempertahankan penghargaan Adipura sejak tujuh tahun berturut-turut. Anugerah Adipura Kencana ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Probolinggo dalam pengelolaan dan penanggulangan dampak lingkungan.

Pawai budaya Semipro 2014 mengambil start di kantor wali kota dan finish di alun-alun. Semipro kali ini akan berlangsung hingga Sabtu (21/6/2014). Selama even Semipro, akan digelar pertunjukan seni budaya pendalungan, etnis Arab, etnis Tionghoa, band pelajar, pentas ludruk, dan pentas kesenian ludruk, dan pagelaran wayang kulit.

Even tahunan di Kota Probolinggo ini gebyarnya sudah terasa sejak seminggu sebelumnya. Sejak 8 hingga 13 Juni sudah digelar pra-Semipro yang diisi bermacam lomba. (pri)