Khofifah Pertemukan Muslimat Jatim dengan Jokowi

imageACARA silaturahmi calon presiden Joko Widodo dengan Ketua Pengurus Pusat Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (3/5/2014) siang, berubah menjadi dialog dengan warga Nahdliyin. Sebabnya, beberapa  pengurus cabang dari sejumlah organisasi massa yang menginduk ke NU hadir di kediaman Khofifah, Jl Jemursari, Surabaya.

Shalawat dilantunkan puluhan ibu-ibu dan lelaki menyambut kedatangan Jokowi dan rombongan di tempat tersebut. “Selamat datang Pak Jokowi,” terdengar suara pembawa acara dari mikropon.

Sang MC kemudian menyebutkan sejumlah nama yang tercatat sebagai pengurus cabang Muslimat NU dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan. Disebut pula, kehadiran pengurus IPNU, IPPNU, PMII, dan GP Ansor. “Alhamdulillah, meski kabarnya mendadak tetapi dari beberapa kota menyempatkan datang,” katanya.

Jokowi dalam kesempatan itu menyampaikan dua hal terkait pencapresan dirinya. “Pertama, Saya tidak pernah mendorong-dorong apalagi melakukan lobi-lobi untuk diri saya agar jadi capres. Ini, tiba-tiba saja saya dipanggil Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati dan dikasih mandat, ya sudah,” katanya.

Kedua, Jokowi menyinggung soal cawapres yang akan mendampinginya terkait dengan pertemuan yang telah dilakukan dirinya, PDI Perjuangan, dengan Partai Nasdem dan PKB belum lama ini. Pertemuan-pertemuan itu, lanjut dia, tidak membicarakan soal-soal pembagian kekuasaan seperti jatah kursi cawapres atau menteri. “Seperti halnya pembicaraan dengan Partai Nasdem dan PKB, tidak ada pembicaraan ke arah sana. Hanya  sepakat saja untuk bekerja bersama-sama membangun negeri,” katanya.

Baca juga: Khofifah Jadi Jubir Jokowi

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa kepada Jokowi menjelaskan silsilah keilmuwan warga nahdliyin yang dianut dari para kyai-kyai sepuh sampai pada Nabi Muhammad. “Jadi, garis keilmuan NU adalah moderat. Tidak bisa ditarik-tarik kemana-mana,” terang Khofifah yang juga tercatat sebagai salah satu juru bicara calon presiden Jokowi.

Kedatangan Jokowi di kediaman Khofifah rangkaian dari silaturahmi kepada sejunlah tokoh dan kyai. Dari Surabaya Jokowi menuju Jombang untuk bertemu dengan KH Solahuddin Wachid di Ponpes Tebuireng dan Ketua Dewan Syuro PKB, KH Aziz Mansyur di Ponpes Pacul Gowang. (her)