Kemenangan PDIP di Pilkada 2015 Lampaui Target

pdip-jatim-sekjen-pdipJAKARTA – Target PDI Perjuangan memenangkan pilkada serentak 2015 terlampaui. Di pilkada serentak yang digelar Rabu (9/12/2015), PDIP mampu meraih kemenangan di 160 daerah, atau melebihi target sebelumnya yakni 156 daerah.

“Kita tidak mencapai target, tapi melampaui target,” kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).

Sesuai pantauan Badan Pemenangan Pemilu dan Badan Saksi Pemilu Nasional, PDIP menang di 160 daerah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 86 kepala daerah yang diusung merupakan kader PDI Perjuangan. Selain itu, 20 calon kepala daerah diusung tanpa koalisi.

Dari total 160 daerah tersebut, PDI P menjadi partai pengusung utama di 73 daerah. “Kemenangan ini merupakan momentum konsolidasi agar pemerintah daerah makin berkomitmen, sejalan dengan pemerintah pusat,” ujar Hasto

Kemenangan PDIP, juga diperoleh di daerah yang menjadi basis partai lain. “Yang selama ini (daerah) didominasi partai lain, bisa dimenangkan PDI-P. Ini catatan karena kita serius mempersiapkannya,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira.

Kemenangan PDI-P di daerah yang menjadi basis partai lain terjadi di Sulawesi Tenggara dengan kemenangan di 5 daerah dari 7 daerah yang melaksanakan pilkada, Sulawesi Selatan dengan 6 kemenangan dari 11 daerah yang melaksanakan pilkada,

Selain itu, Sulawesi Tengah dengan 4 kemenangan dari 8 daerah yang melaksanakan pilkada, Sulawesi Barat dengan 3 kemenangan dari 4 daerah yang melaksanakan pilkada, dan Sulawesi Utara dengan 4 kemenangan dari 6 daerah yang melaksanakan pilkada. (goek/*)