Kembangkan Wisata Daerah untuk Genjot PAD

pdip-jatim-Marhaenis-UW-BlitarBLITAR – Wakil Bupati Blitar terpilih Marhaenis Urip Widodo mengatakan, bersama Bupati terpilih Rijanto, pihaknya telah menyiapkan tiga fokus terencana pada pengembangan sektor wisata daerah.

“Ada tiga sub sektor yang akan menjadi fokus pengembangan pariwisata daerah yakni wisata religi, wisata alam dan wisata budaya,” kata Marhaenis, di Surabaya, Rabu (17/2/2016).

Wisata religi, jelas Henis sapaan akrabnya, berpusat di peninggalan Syeh Subakir di area wisata Penataran Kecamatan Nglegok, Candi Sawentar yang merupakan peninggalan umat Hindu, dan beberapa candi lainnya.

Sedangkan wisata alam berpusat di wilayah selatan Blitar berupa wisata pantai. Di antaranya Pantai Jolosutro, Pantai Serang, Pantai Peh Pulo, Pantai Pangi, dan Pantai Tambak.

“Untuk paket wisata budaya, telah disiapkan di Kecamatan Sutojayan yang dikenal dengan Siraman Pusaka Gong Kyai Pradah, dan di Kecamatan Kademangan yaitu Siraman Kyai Bonto di Dusun Pakel, Desa Kebonsari. Beberapa agenda wisata budaya lainnya telah kami siapkan,” papar pria yang Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar ini.

Untuk mendukung tiga sub sektor pariwisata daerah tersebut, lanjut Henis, akan disiapkan juga program dukungan infrastruktur dan suprastruktur. Agenda infrastruktur yang telah disiapkan yakni jalur utama menuju lokasi wisata akan diperbaiki dan sarana prasarana di lokasi wisata juga akan segera dibenahi.

“Untuk suprastruktur, pihak pemkab kedepan akan menyiapkan agenda promosi pariwisata daerah secara terencana. Sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, yang dapat mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor ini,” jelas mantan Ketua DPRD Kab Blitar periode 2014 – 2015 ini.

Selain itu, lanjutnya, pemkab akan lebih agresif dalam merangkul pihak biro perjalanan wisata nasional maupun internasional dalam mendukung program promosi wisata daerah tersebut. Menurutnya, sudah ada puluhan biro perjalanan wisata yang berminat untuk terlibat dalam promosi wisata setempat.

“Pemkab juga akan menyiapkan tagline dan ikon pariwisata yang lebih menarik minat para wisatawan. Sehingga cukup melalui tagline tersebut, para wisatawan sudah mengenal Blitar dan keindahan wisatanya,” ujarnya. (ven)