Kembali ke Tradisi “Dapur Umum”, Upaya PDIP Tekan Penggunaan Plastik

PURWAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto minta semua pengurus kantor partai meminimalkan penggunaan kantong plastik. Ini merupakan pesan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.  

Hasto mengatakan, pengurus partai sedianya tak lagi menggunakan botol minuman dari plastik yang dianggap tak ramah lingkungan. Sebaliknya, pengurus partai diminta kembali ke tradisi dapur umum. 

“Karena kita bertanggung jawab terhadap lingkungan. Perkuat cara lama kita yakni dengan dapur umum. Siapa yang datang, disediakan makanan dan minuman yang disiapkan oleh dapur partai,” kata Hasto di Purwakarta, kemarin. 

Hal ini dia sampaikan di acara peresmian kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purwakarta. Pesan Megawati lainnya, sebut Hasto, agar pengurus PDI Perjuangan memperindah kantor partai dengan tanam-tanaman, misalnya, dinding kantor dibuat vertical garden sehingga menjadi hijau.

“Harapan Ibu Mega, percantiklah kantor partai. Lalu tampilkan tulisan-tulisan dan kreasi budaya yang membangkitkan semangat perjuangan,” ujar Hasto.

Tujuannya, tambah dia, kantor PDIP bisa diperkuat dengan nilai seni dan budaya dalam hal dekorasinya. 

Hasto juga berharap, setiap kantor partai dapat menjadi pusat kebudayaan dan kegiatan bagi anak-anak muda. Selain itu, kantor partai harus menjadi pusat pengorganisasian partai, rekrutmen, perencanaan strategis, serta menyatu dengan napas kehidupan rakyat.

“Perasan Pancasila adalah gotong royong. Maka mari kita kelola kantor ini dengan semangat gotong royong,” katanya.

Jadi kalau ada kader yang menanam pisang, lanjut Hasto, bawalah ke kantor DPC PDI Perjuangan. Bawa kopi, bawa gula ketika kumpul bersama.

“Yang anggota dewan, datanglah dan susunlah strategi di kantor partai. Itulah harapan Ibu Mega sehingga kantor partai ini hidup,” urai Hasto.

Jika ada masyarakat yang ingin menggunakan kantor partai ini untuk kegiatan seperti khitanan, imbuh Hasto, harus diberikan.

“Semoga kantor partai ini makin menambah semangat kita berkarya bagi Nusa dan Bangsa,” tuturnya. (goek)