“Kembali Fitri sebagai Bangsa Besar”

pdip jatim - jokowi jk berlebaran dgn sby - foto jpJAKARTA – Ada tamu ‘istimewa’ dalam open house Lebaran yang digelar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/7/2014). Tamu yang sejak pagi ditunggu awak media itu tak lain pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Keduanya tiba di Istana Negara hampir bersamaan, sekitar pukul 12.20, masing-masing didampingi sang istri, yakni Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla. Sesaat di Istana Negara, Jokowi dan JK disilakan masuk untuk bersilaturahmi dengan presiden dan keluarga.

Di acara open house terakhir SBY sebagai Presiden RI ini, Jokowi mengenakan baju batik warna biru, sedang Jusuf Kalla memakai batik warna coklat dan berpeci hitam. Setelah saling bersalaman dan bermaaf-maafan, SBY menyempatkan berpose untuk foto bersama dengan Jokowi dan JK.

Silaturahmi Jokowi dan JK dengan presiden dan keluarganya berlangsung sekitar 15 menit sebelum berpamitan pulang. “Maaf-maafan saja kok pakai pesan. Tidak ada pesan (dari SBY). Setelah maaf-maafan, langsung pamit,” ungkap Jokowi kepada awak media massa yang menunggunya.

Sebelum datang di Istana Negara, Jokowi juga menggelar open house di Balaikota DKI Jakarta dan menerima sejumlah tamu di Rumah Dinas Taman Surapati No 7, Jakarta Pusat. Saat di balaikota, Jokowi mengatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah merupakan momen pemersatu bangsa.

“Setelah kita menjalani satu bulan di bulan penuh barokah, magfiroh, penuh pengampunan, sekarang kita kembali ke fitri sebagai sebuah bangsa besar agar seluruh masyarakat kembali menjadi sebuah bangsa yang satu, bangsa Indonesia,” katanya.

Dia berharap momen Lebaran digunakan sebagai momen rekonsiliasi di tahun politik setelah pemilihan umum legislatif maupun presiden.

‘Open House’ di Kediaman Megawati

Sementara, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak secara khusus menggelar open house di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng. Meski demikian, tetap saja banyak tokoh politik dan para petinggi koalisi Indonesia Hebat yang berdatangan ke rumah ketua umum partai pemenangan pemilu itu.

Jokowi bersama istri menuju kediaman Megawati sekitar jam 11.00 WIB. Sejumlah pejabat negara yang bersilaturahim ke kediaman Megawati, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, serta Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz.

“Silaturahim saja, kan Lebaran. Prinsipnya ini semuanya harus maaf-maafan, harus saling mengucapkan Selamat Idul Fitri,” ungkap Tanjung kepada wartawan soal kedatangannya di kediaman Megawati.

Muhaimin Iskandar serta Djan Faridz juga mengungkapkan hal serupa. Menurut mereka, pembicaraan harus sesuai dengan momentum. Oleh sebab itu, topik soal politik dianggap tidak apik jika dilaksanakan pada saat perayaan Idul Fitri 1435 Hijriah. (pri/*)