Kehadiran Mega dan SBY Jadi Momen Rekonsiliasi Bangsa

pdip jatim - megawati - sbyJAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memastikan hadir di acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, Senin (20/10/2014). Kehadiran keduanya di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Jakarta itu diharapkan menjadi momentum rekonsiliasi bangsa.

“Kita melihat secara keseluruhan, dalam forum itu Ibu Megawati menyatakan hadir dan Pak SBY hadir. Oleh karena itu momentum tersebut menjadi fakta sejarah bagi proses rekonsiliasi bangsa,” kata Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah, di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/10/2014).

Baca juga: Megawati akan Hadiri Pelantikan Jokowi-JK

Hal itu disampaikan Basarah usai mendampingi Megawati menemui pimpinan MPR yang mengantarkan undangan pelantikan Jokowi-JK. Menurut dia, Megawati menyambut baik undangan yang disampaikan pimpinan MPR dan langsung menyatakan diri untuk hadir.

Sementara, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengapresiasi sikap Megawati Soekarnoputri yang bersedia hadir dalam pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla. “Alhamdulillah Mbak Mega akan hadir di sana. Alhamdulillah tokoh kita negarawan,” ucap Zulkifli, usai menyerahkan undangan kepada Megawati.

Politisi PAN itu menilai, pelantikan pada 20 Oktober mendatang adalah momen yang sangat penting bagi Indonesia ke depan. Kehadiran berbagai tokoh nasional, ujarnya, diharapkan dapat menyukseskan agenda lima tahunan sekali tersebut.

Sejauh ini, kata dia, semua tokoh yang sudah ditemui, mulai dari Presiden SBY, Ketua Umum Partai Golkar Abruizal Bakrie, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, sudah menyatakan akan hadir. “Kita harus menyukseskan agenda ini untuk Indonesia,” ujar Zulkifli. (pri/*)