Ke Ngawi, Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Traktor untuk Petani Jatim

Jokowi di Sawah - Widodaren NgawiJAKARTA – Presiden Joko Widodo bakal mengunjungi Ngawi, Sabtu (31/1/2015). Di kabupaten perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, Jokowi dijadwalkan meninjau pengerukan sedimentasi di Dam Budengan dan menyerahkan bantuan traktor kepada petani.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, kunjungan kerja presiden ke Ngawi merupakan acara dari Kementerian Pertanian. “Menteri Pertanian ada pertemuan dengan kelompok tani, terus simbolik penyerahan traktor dan lain-lain,” kata Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Jokowi ke Ngawi menggunakan jalan darat dari kota kelahirannya, Solo, Jawa Tengah. Mantan Wali Kota Surakarta itu terbang ke Solo pada Jumat malam. Jokowi akan menginap semalam di rumahnya sebelum mengunjungi Ngawi pada Sabtu pagi.

Di Ngawi, presiden akan melihat pengerukan sedimentasi di Dam Budengan, Desa Legundi, Kecamatan Karangjati. Jokowi juga direncanakan menyerahkan 852 unit traktor dan 377 pompa air kepada kelompok tani se-Jawa Timur di lapangan Desa Keras Wetan, Kecamatan Geneng.

“Informasi dari Humas Kepresidenan, kunjungan presiden ke Ngawi jadi besok,” jelas Kepala Penerangan Komando Resor Militer 081/Dirotsaha Jaya Mayor Infanteri Budi Yuwono, Jumat (30/1/2015).

Sementara, Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan, persiapan menjelang kedatangan Jokowi nyaris rampung pada Jumat sore. Tinggal pemasangan pengeras suara yang bakal rampung jumat malam.

“Kedatangan Pak Jokowi ke Ngawi untuk mempercepat program swasembada pangan yang ditargetkan hingga tiga tahun ke depan,” kata Kanang, sapaan akrab bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Ngawi tersebut.

Oleh karena itu, selain membagikan traktor, pompa air, dan melihat pengerukan sedimentasi dam, Jokowi direncanakan berdialog dengan petani. (pri/*)