Kawan Jokowi Mobilisasi Anak Muda

Kawan JokowiJAKARTA – Capres Joko Widodo terus mendapat dukungan dari komunitas anak muda. Pada Selasa (13/5/2014) malam, giliran Koalisi Anak Muda dan Relawan Joko Widodo (Kawan Jokowi) mendeklarasikan diri sebagai pendukung Jokowi dalam pemilu presiden 9 Juli depan.

Kawan Jokowi merupakan gabungan organisasi relawan terdiri dari 13 elemen masyarakat. Di antaranya Garda Pemuda NasDem, Relawan Muda Jakarta (REMAJA), Jokowi Advanced Social Media Volunteers (Jasmev), Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), Jokowi Center Indonesia (JCI), Jokowi 4 ME, Aliansi Profesional Muda Pasar Modal Indonesia (APMI), Anak Muda Cinta Indonesia (AMCI), Satuan Brotherhood Otomotif dan Musik (SABROM), Satria Muda Jokowi, SEDERHANA (Selalu Dekat Rakyat Hadir di Mana-Mana), Garda Bangsa, dan Paguyuban Betawi Joglo (PaBeJo).

Dalam rilis yang dikirimkan ke media, Ketua Umum Kawan Jokowi Diaz Hendropriyono mengatakan, dibutuhkan sinergi yang lebih luas untuk meloloskan Jokowi menjadi Presiden Indonesia 2014-2019. “Sinergi antar-relawan pendukung Bapak Joko Widodo merupakan sebuah syarat mutlak untuk dapat mengantarkannya menjadi presiden,” kata Diaz, Rabu (14/5/2014).

Pilihan untuk mendukung penuh Jokowi, ungkap Diaz, didasari pada pengamatan kalangan muda terhadap kiprah pria asal Solo itu saat memimpin DKI Jakarta. Menurut Diaz, kesederhanaan dan kebiasaan Jokowi menyapa masyarakat mampu menghilangkan sekat antara rakyat dan pemimpinnya.

Saat ini, tambahnya, Kawan Jokowi sudah memiliki jaringan ataupun perwakilan di 22 provinsi. Karena Kawan Jokowi berisi anak-anak muda, lanjut dia, maka cara dan strategi penggalangan dukungan pun dilakukan dengan cara-cara yang lebih popoler di kalangan muda pula. Misalnya melalui media sosial, situs berbagai video ataupun jejaring sosial lainnya.

Sementara Jokowi yang hadir dalam deklarasi Kawan Jokowi minta mereka segera bergerak melakukan aksi nyata mengingat pelaksanaan pilpres sudah semakin dekat. “Dalam waktu yang sempit ini, saya berharap semua bersatu untuk memenangkan pilpres. Teman-teman muda inilah yang punya kekuatan baru untuk menggarap rekan sebaya dan saudaranya guna bersama memenangkan pilpres,” kata Jokowi.

Dia menilai cara kampanye via media sosial sudah cukup memadai dan ia berharap ditindaklanjuti dengan kampanye dari pintu ke pintu. (pri/*)

Foto: dokumentasi Kawan Jokowi