Kawan Jokowi Jatim Gelar Aksi Donor Darah

imageSURABAYA -Jelang bulan Ramadan, Relawan Jokowi Jawa Timur (Kawan Jokowi) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Surabaya menggelar aksi donor darah di posko Jalan Gayungsari Barat 74 Surabaya, Kamis (26/6/2014).

Menurut Koordinator Kawan Jokowi Jatim Bambang DH, aksi ini untuk mengantisipasi menurunnya stock darah pada bulan Ramadan. “Saya pernah jadi wali kota, jadi tahu siklusnya stok darah. Saat bulan puasa stok darah di PMI biasanya menurun, jadi diharapkan dengan ini bisa membantu PMI menambah persediaan darah,” jelas dia kepada wartawan.

“Karena puasa tinggal 1-2 hari lagi, maka kesempatan ini akan kami maksimalkan untuk mengundang pendonor sebanyak-banyaknya,” kata dia lagi.

Bambang mengaku telah menyebarkan informasi mengenai kegiatan ini melalui berbagai media seperti whatsapp, blackberry, pesan pendek, maupun media sosial seperti facebook dan twitter.  “Hingga hari ini ada 250-an orang yang mengonfirmasi akan menyumbangkan darahnya,” ujar Bambang.

Satu jam sejak dibuka pukul 10.00 jumlah pendonor telah mencapai 30 orang. Bambang berharap makin siang akan makin banyak yang datang.  Bagi pendonor panitia menyediakan makanan pasca donor berupa bubur kacang ijo dan telur ayam sebagai pembantu pemulihan stamina.

Sambutan masyarakat pada kegiatan ini cukup baik. Nampak dari pendonor yang kian ramai berdatangan. Mereka mengaku mengetahui dari media sosial. Seperti Yudianto (42) warga Sepanjang, Sidoarjo penyandang tuna wicara menyempatkan untuk ikut mendonorkan darah. “Saya ajak teman-teman untuk donor, awalnya takut, baru pertama ini, ternyata tidak sakit, saya senang bisa bantu orang lain, dan bantu kampanye Pak Jokowi,” tegasnya. (sa)