Jokowi Ucapkan Selamat kepada Zulkifli Hasan

pdip jatim - Gedung MPRJAKARTA — Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2014-2019 merupakan hasil dari dinamika politik di parlemen. Jokowi tak melihat sesuatu yang aneh dalam proses itu.

“Dinamika internal di sana begitu. Ya, kalau voting jelas kalah,” kata Jokowi di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (8/10/2014).

Meski kemenangan di kubu Koalisi Merah Putih, Jokowi tetap menyampaikan ucapan selamat kepada Zulkifli Hasan. “Saya ucapkan selamat kepada Pak Zulkifli Hasan,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, Koalisi Indonesia Hebat menerima kekalahan dalam pemungutan suara pada sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR, Rabu (8/10/2014) pagi. Koalisi Indonesia Hebat mengucapkan kepada Koalisi Merah Putih yang paket pimpinan yang diajukannya memenangi pemungutan suara.

“Kami ucapkan selamat kepada Koalisi Merah Putih, kepada Pak Zulkifli Hasan (Ketua MPR terpilih) yang memang sudah menang,” kata Tjahjo, seusai sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR, di Gedung DPR.

Menurutnya, proses pemilihan pimpinan MPR sudah berlangsung dengan adil. Setiap kubu berkesempatan mengajukan paketnya masing-masing untuk bertarung dalam voting tertutup.

Proses ini, kata Tjahjo, berbeda dengan pemilihan pimpinan DPR kemarin, di mana Koalisi Indonesia Hebat tidak diberi kesempatan mengusung paket dan akhirnya memilih walk out. “Kami tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Itu lah hasil yang terbaik,” ujarnya.

Hasil penghitungan suara menunjukkan paket B yang diusung Koalisi Merah Putih memeroleh 347 suara. Sementara itu, Paket A, yang diusung koalisi partai pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla, mendapatkan 330 suara. Satu suara lainnya abstain.

Paket B terdiri dari Zulkifli Hasan (PAN) sebagai calon ketua MPR, didampingi empat calon wakil ketua MPR, Mahyudin (Golkar), EE Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta (DPD).

Sementara itu, Paket A terdiri dari Oesman Sapta sebagai calon ketua, didampingi empat calon wakil ketua, yakni Ahmad Basarah (PDI-P), Imam Nachrawi (PKB), Patrice Rio Capella (Nasdem), dan Hasrul Azwar (PPP). (pri/*)