Jokowi: Surya Paloh-Megawati Sama-sama Berjiwa Besar

koalisi nasdem-pdipBAKAL capres Joko Widodo alias Jokowi menilai Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berjiwa besar sebagaimana Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Yakni sama-sama mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Ungkapan itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta itu, setelah Partai Nasdem resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan dalam mengusung Jokowi sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2014. “Ibu Mega dan Surya Paloh betul-betul mempunyai kebesaran jiwa yang dipikirkan untuk bangsa dan negara ke depan. Saya sangat menghargai keputusan itu,” kata Jokowi, di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Sabtu (12/4/2014).

Dia menambahkan, Surya Paloh sebagai ketua umum partai tidak mementingkan pribadinya untuk maju sebagai capres maupun cawaspres. Demikian pula dengan Megawati yang akhirnya memberikan kesempatan kepada Jokowi sebagai generasi baru untuk menjadi bakal capres 2014.

“Saya pribadi betul-betul sangat menghargai kebesaran Bang Surya Paloh yang tidak mengedepankan beliau pribadi sebagai yang nomor dua sebagai cawapres,” kata Jokowi.

Sebelumnya, dalam konferensi pers di kantor DPP Nadem, Surya Paloh mengumumkan koalisi partainya dengan PDI Perjuangan menghadapi pemilu presiden mendatang. Menurut Paloh, kesepakatan itu diambil sambil menunggu hasil hitungan resmi pemilu legislatif di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami, Partai Nasdem, sepakat merapatkan barisan persiapan mendukung calon presiden dari PDI Perjuangan yang tepat berada di samping kanan saya, mas Joko Widodo,” kata Surya Paloh. Selain Paloh dan Jokowi, acara di kantor DPP Nasdem itu dihadiri Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo dan Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella.

Keputusan Partai Nasdem berkoalisi dengan PDI Perjuangan, jelas Paloh, karena sama-sama memiliki platform dan garis perjuangan untuk melakukan perubahan serta restorasi bangsa Indonesia menjadi yang lebih baik lagi. Selain itu, Partai Nasdem bertekad membuat Indonesia menjadi Indonesia Hebat sesuai tagline yang diusung PDI Perjuangan.

Partai Nasdem, lanjut Paloh, juga ingin bersama PDI Perjuangan memperkokoh pemerintahan Indonesia dengan sistem presidensial. “Pak Jokowi juga secara khusus memberikan apreisiasi tentang hasil dan prestasi yang dicapai oleh Partai Nasdem di Pileg kemarin,” kata Paloh. (pri/*)