Jokowi Siap Dikritik Prabowo

pdip jatim - prabowo hormat jokowi membungkukJAKARTA – Joko Widodo yang tiga hari lagi dilantik sebagai Presiden RI periode 2014-2019 menyatakan lega setelah bisa berjumpa dengan Prabowo Subianto, Jumat (17/10/2014) pagi. Ungkapan itu dia sampaikan setelah bertemu dengan mantan pesaingnya di Pilpres 2014 tersebut di kediaman orangtua Prabowo (alm Soemitro), di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Akhirnya keinginan bertemu dengan beliau tercapai. Semua sudah disampaikan oleh Pak Prabowo, pertemuan ini penuh persahabatan,” ungkap Jokowi, saat jumpa pers usai pertemuan tertutup dengan Prabowo.

Pemerintah, kata Jokowi, sebagai pelaku kebijakan, mesti tetap dikawal oleh semua elemen masyarakat. Hal tersebut disampaikan Jokowi menyusul penyataan Prabowo Subianto bahwa dia akan memosisikan diri sebagai pengritik pemerintah.

“Mengenai kritik, saya siap menerima dengan lapang dada kritik dari beliau. Karena semua untuk kebaikan, untuk bangsa dan negara ini,” ucap Jokowi.

Prabowo sendiri mengaku terhormat didatangi presiden terpilih Joko Widodo. “Saya merasa sangat terhormat didatangi Pak Jokowi, yang insya Allah akan dilantik menjadi presiden Senin nanti,” ujar Prabowo.

Dia menggambarkan pertemuannya dengan Jokowi, penuh persahabatan. Prabowo juga telah mengucapkan selamat kepada Jokowi yang akan memimpin bangsa. “Saya yakin beliau seorang patriot. Kami punya keinginan sama. Untuk keutuhan Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” tegasnya.

Menurut Prabowo, Partai Gerindra yang didukungnya juga siap mendukung pemerintahan Jokowi-JK. Pihaknya juga siap mengritik bila ada hal yang tak menguntungkan rakyat. Saya juga mohon pendukung saya tidak menganggap persaingan (politik) masih ada,” katanya.

Pertemuan kali ini adalah pertemuan kedua bagi Jokowi dan Prabowo setelah Pilpres 9 Juli lalu. Sebelumnya, keduanya pernah bertemu pada acara buka bersama pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/7/2014) petang.

Pertemuan Jokowi dengan Prabowo jauh lebih singkat ketimbang pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, beberapa waktu lalu. Kunjungan Jokowi ini sebagai rangkaian safari kunjungan ke pimpinan parpol jelang pelantikannya sebagai presiden. (pri/*)