Jokowi: Semangat Rasulullah Kami Teladani dalam Membangun Indonesia

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan, Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan. Nabi Muhammad, sebut Jokowi, menjadi panutan lantaran mampu mengubah umat manusia menjadi lebih baik.

“Yang mengubah umat dari mengutamakan kepentingan diri sendiri menjadi kepentingan bersama,” kata Jokowi dalam akun Instagramnya menyambut Maulid Nabi Muhammad, Sabtu (9/11/2019).

Atas dasar itu, menurut Jokowi, sikap Nabi Muhammad ini layak diteladani terutama dalam rangka membangun Indonesia.

“Semangat perubahan seperti yang dilakukan Rasulullah itu kami teladani dalam membangun Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang maju,” tuturnya.

Sementara itu, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijiriah digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam,.

Selain dihadiri Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, hadir pula sejumlah menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia maju, Imam Besar Masjid Istqlal serta sejumlah tamu undangan perwakilan negara sahabat.

Wapres Ma’ruf Amin yang mendapat kesempatan untuk memberikan sambutan dan tausiyah.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin menceritakan kisah Nabi Muhammad yang mampu membawa manusia dari zaman kebodohan (jahiliyah) ke khairul ummah (umat terbaik). Dia pun mengajak agar masyarakat muslim bisa mencontoh Rasulullah.

Usai acara, Presiden Jokowi menegaskan terkait peringatan Maulid Nabi, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin lebih mengerti.

“Penghormatan kepada Beliau (Ma’ruf Amin) yang ahlinya, apa yang tadi disampaikan harus kita kerjakan,” ujar Jokowi. (goek)